Rabu, 17 April 2013

PemPek Spesial 121



Assalamu'alaikum...

Membuat pempek itu bebas2 aja yaa...resep bisa sesuka hati, ingin pempek yang berasa ikannya...atau hanya sekedar biar ada bau2 ikan, atau bahkan tanpa ikanpun bisa saja jadi pempek yang nikmat. Begitulah orang2 Palembang...tiada hari tanpa makan pempek, hehee...jadi ingat ucapan tetangga saya waktu masih di Indonesia. Beliau asli orang Palembang, dan tiap hari dirumahnya selalu ada tersedia pempek entah itu pempek apa aja...saya kurang paham, kata beliau jika gak ada ikanpun gak apa2...tetep aja bikin pempek meski hanya dari tepung terigu dan tepung aci plus gak ketinggalan stok cuko senantiasa ada.

Dan begitu populernya pempek...sampai2 bukan hanya warga wong kito saja yang menggemari sajian pempek ini. Kita semua yang bukan orang Palembang pada akhirnya sangat menyukai juga, jadilah pempek merupakan hidangan selera nusantara populer.

Alhamdulillah saya meskipun bukan asli orang Palembang, sedikit2 juga sudah bisa membuat pempek yang lembut dan kenyal, dan pastinya tidak keras saat digigit. Untuk hasil pempek yang spesial seperti itu, saya menggunakan perbandingan antara tepung tapioka, ikan tenggiri dan air yaitu 1:2:1. Rumus ini sudah saya terapkan sejak saya ingin membuat pempek yang enak sesuai selera keluarga saya, yang menginginkan lebih terasa ikannya. Makanya dengan menggunakan perbandingan lebih banyak ikannya...rasa pempek dijamin maknyus dan gak bosan menikmatinya. Untuk mengingatkan hasil resep saya ini sengaja diberi label "Pempek Spesial 121"...yang maksudnya tak lain adalah karena pemakaian bahan utama dengan perbandingan tersebut di atas.




Pempek Spesial 121
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
300 gr ikan tenggiri yang sudah dihaluskan
150 ml air putih
150 gr tepung tapioka
1 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih haluskan
1 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir

Bahan Bubur Tepung:
15 gr (1 sdm penuh) tepung terigu
50 ml air mendidih
===> tuangkan air mendidih ke dalam tepung terigu, aduk hingga menjadi bubur kental

Bahan Isian Untuk Pempek kapal Selam
2 butir telur kocok lepas
sejumput garam
===> Kocok telur dan garam hingga tercampur rata

Cara Membuat:
1. Campur ikan tenggiri halus dengan bubur tepung dan air putih sedikit demi sedikit, uleni hingga tercampur rata dan licin.
2. Masukkan bawang putih, minyak goreng, gula pasir dan garam, aduk dan uleni kembali sampai tercampur rata.
3. Tuangkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur rata, jangan diuleni yaa...cukup dicampur dengan cara diaduk2 perlahan dengan sendok kayu. Kalau diuleni adonan akan semakin lengket ditangan dan mengakibatkan pempek menjadi kenyal/liat dan keras setelah matang.
4. Bentuk adonan pempek sesuai selera, bisa menjadi pempek lenjer atau kapal selam. Adonan pempek ini agak lembek dan sangat lengket di tangan, untuk itu jangan lupa selalu melumuri tangan tangan dengan tepung tapioka sebelum mengambil adonan pempek. Untuk pempek kapal selam bentuk adonan seperti mangkuk lalu isi dengan 2 sdt telur kocok dan rapatkan, langsung masukkan dalam air rebusan yang mendidih.
5. Rebus pempek dalam air mendidih yang diberi 2 sdm minyak goreng, tungga sampai mengapung beberapa saat dan angkat setelah matang.
6. Goreng pempek yang sudah dingin di atas wajan yang berminyak goreng panas, sajikan dengan kuah cuko dan pelengkapnya.


# Note:
Untuk kuah cukonya bisa bikin sendiri sesuai selera yaa, resepnya tidak saya cantumkan disini...sudah ada di resep2 pempek terdahulu.

7 komentar:

  1. Mbak Ita, pempeknya seru banget nih, dijamin sedaaap. Many thanks buat resepnya ya.

    BalasHapus
  2. Sama2...mbak, selamat mencoba yaa...sedap sekali, kan banyak ikannya :)

    BalasHapus
  3. waaah.. enak banget nih mba empek2nya...penampakannya sgt menggugah selera.... pingin bgt buatnya tapi susah dapat ikan tenggirinya...

    BalasHapus
  4. Bisa pakae ikan lain mbak Zulfa, tinggalnya dimana?...pake ikan gabus, ikan tunul/ikan baracuda (ikannya panjang ada moncong lancip di mulutnya), ikan kacang2an (ikannya kecil2), atau ikan patin (white fish...suka ada di super market dlm keadaan beku.

    BalasHapus
  5. Mba ita mau nanya nih..tepung tapioka yg dimaksud disini tepung kanji/aci itu atau tepung sagu ya mba. Ambil contoh merk Alini dia punya 2 kemasan warna yg hijau tepung sagu dan yg merah tepung tapioka.. Nah ini yg mana ya mba? Maturnuwun sanget mba

    BalasHapus
  6. Mba ita mau nanya nih..tepung tapioka yg dimaksud disini tepung kanji/aci itu atau tepung sagu ya mba. Ambil contoh merk Alini dia punya 2 kemasan warna yg hijau tepung sagu dan yg merah tepung tapioka.. Nah ini yg mana ya mba? Maturnuwun sanget mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb Detik...pake tepung tapioka merek apa saja boleh koq, kalo sagu alini malah lebih bagus yg warna hijau. Tapi kalo mau pakai tpg tapioka biasa jg gk apa2...tetep jadi baik2 saja.

      Hapus