Minggu, 26 Mei 2013

TAHU ACI (Batagor Aci)


Wah, ternyata sudah sebulan ini saya begitu malas dan tidak update tulisan dan resep di blog. Sebenarnya niat untuk menulis selalu menghinggapi saya, sayangnya waktu untuk konsentrasi dan duduk anteng di depan lapi sangat terbatasi. Banyak hal yang menghalangi semangat menulis kali ini...selain pas memang lagi banyak acara di bulan ini, saya juga kesulitan menyempatkan waktu buat ketak ketik, konsentrasi gak begitu fokus...si bungsu yang selalu minta perhatian full setiap hari sehingga sulit untuk mencuri-curi waktu. Juga karena gara2 preparing liburan summer untuk mudik alias mulih ke kampung halaman tercinta Indonesia Raya. Bulan Juni nanti saya dan keluarga InsaAllah akan pulang kampung...suatu moment yang sangat dinanti2 setiap tahunnya, karena memang hanya bisa mudik setahun sekali...tapi dipuas2in di Indonesia selama hampir 3 bulan.

Okk deh, gak perlu dibahas panjang lebar tentang rencana kemudikan saya ke Indonesia. Saya akan menuntaskan beberapa resep yang sudah menumpuk di file dokumen, biar gak terbengkalai dan mudah untuk mencari2nya kembali bila sewaktu-waktu diperlukan.

Tahu Aci, atau tahu tegal/slawi...bisa juga disebut tahu pletok. Menurut saya tahu aci ini mirip batagor yang dijual abang2 gerobak di depan sekolah2 anak SD gitu deh...maksudnya batagor yang tanpa ikan dan yang harganya murah meriah tapi lumayan aja...buat cemilan pengganjal perut lapar saat pulang sekolah.

Resepnya saya modifikasi dari hasil googling di internet, cara membuatnya cukup mudah hanya dengan mencampur semua bahan lalu dimasukkan ke dalam tahu yang sudah dilubangi dan di keruk sebagian isinya kemudian langsung digoreng, dan hingga bunyinya pletok2 karena tahunya memuai dan mekar ketika bertemu dengan minyak goreng panas.





TAHU ACI
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
Tahu goreng secukupnya, potong segitiga dan kerok sebagian isinya (untuk campuran adonan tahu aci)
150 gr tepung tapioka
2 sdm tepung terigu (biar adonan tahunya gak terlalu kenyal/liat)
200 ml air putih (atau secukupnya saja asal adonan kental dan gak terlalu cair)
1 putih telur kocok lepas
1 batang daun bawang iris halus
1/2 sdt garam (secukup rasa)
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt kaldu ayam bubuk (bila suka)

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1/2 sdt lada

Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu tepung tapioka, tepung terigu, bumbu halus, daun bawang, kerokan isi tahu yang sudah dihaluskan. Tambahkan air putih , putih telur kocok, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk...aduk hingga tercampur rata dan mengental, agak menggumpal dan mudah disendok. Bila adonan masih terasa kaku dan keras bisa ditambah sedikit2 jumlah airnya, atau jika adonan terlalu cair...bisa ditambah tepung tapioka sedikit2.
2. Isikan adonan kedalam tahu, dan langsung masukkan ke dalam minyak goreng panas, lalu goreng hingga matang. Kalau tahu sudah di isi adonan tidak segera dimasukkan ke dalam minyak goreng panas, maka adonan akan meleleh meleber kemana2 dan susah digoreng.
3. Setelah Tahu Aci matang, bisa disajikan dengan cabe rawit atau sambel botol, kalau saya suka pakai sambel petis. Jika ingin seperti batagor bisa dicocol sama saos sambel kacang, jadi terasa nikmat.


Selamat Mencoba... :)

4 komentar:

  1. Makasih buat resepnya. Blognya menarik. Terus up-date ya?

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah mampir di blog saya yaa...InsaAllah mohon doanya saja agar saya bisa terus update resep2 yang bermanfaat :)

    BalasHapus
  3. Makasih udah share,sangat membantu sekali :)

    BalasHapus