Jumat, 24 Januari 2014

Pempek Cilok (PECI)



Bismillah...

Hari rabu lalu, saya bikin cilok untuk piket acara pengajian ibu2 di Kuwait, tiba2 koq kepikiran untuk nyisain sedikit adonan cilok dan saya buat jadi pempek lenjer.

Teringat waktu masih tinggal di Banten duluu...setiap sore hari ada anak perempuan tetangga satu perumahan yang jualan pempek ngider keliling komplek kami. Sering beli juga sih...harganya murah meriah, hanya pempek aci gak ada ikannya, lumayanlah...walaupun agak kenyal/alot, anak2 pada suka, laris juga tuh dagangannya. Kalau mihil pastinya gak akan ada yang manggil buat beli lah yaa, he he hee...

Nah...rasa dan tekstur pempek yang saya buat ini hampir sama dengan jualannya si ibu tetangga penjual pempek itu, bahkan masih lebih lembut bikinan saya deh kayaknya. Gak terlalu alot...cukup lembut, digigitnya menurut saja, gak melawan.

Alhamdulillah, jadi dapat ide dadakan dan resep pempek ekonomis tanpa ikan...mungkin jika ditambah ikan sedikit aja pasti jauh makin nampak rasa pempeknya. Tapi begini saja sudah berasa enak sih, asalkan ditunjang dengan kuah cuko yang mantab.


Penampakan pempek cilok bentuk lenjer yang sudah selesai direbus dan di dinginkan


PEMPEK Aci di Colok (PECI)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
200 gr tepung terigu
2 siung bawang putih haluskan
1/2 sdt garam (secukupnya)
1/2 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 batang daun bawang cincang halus
400 ml air mendidih (bisa pakai air kaldu udang, ikan, ayam, sapi...lebih mantab)
---> Tuangkan air mendidih dan bahan2 lainnya ke dalam tepung terigu, aduk2 hingga bergumpal rata.

Bahan B:
200 gr tepung tapioka


Cara Membuat:
1.  Tuangkan bahan B ke dalam bahan A, aduk dengan sendok kayu agar tidak panas di tangan. Setelah agak dingin boleh diaduk dan diuleni dengan tangan sampai adonan kalis dan lemas.

2. Bentuk adonan sesuai selera, bisa lenjer atau kapal selam.

3. Rebus di air mendidih yang sudah diberi minyak goreng, hingga mengapung dan matang. Angkat, tiriskan dan dinginkan.

4. Kemudian goreng pempek ciloknya, sajikan bersama kuah cuko pempek.


# Note:
- Resep kuah cuko tidak saya tampilkan disini, karena sudah ada di postingan pempek terdahulu. Bisa buka2 postingan resep pempek lama di blog saya.
- Kemaren waktu bikin pempek cilok ini, saya pakai air kuah kaldu udang, jadi cilok dan pempeknya terasa lebih gurih dan nikmat.
- Resep pempek cilok ini otomatis juga bisa digunakan untuk membuat cilok dengan saos sambal kacang, resepnya sama dengan postingan resep cilok terdahulu di blog ini.


Selamat Mencoba...^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar