Selasa, 14 Januari 2014

Simple Banana Brownies



Bismillah...

Bereksperimen membuat cake dengan tanpa menggunakan bahan pengembang sintetis, awalnya agak kuatir cake ini gak bisa mengembang dengan baik. Saya mencoba menambah yogurt dengan asumsi bahwa yogurt itu mengandung mikro bakteri (lactobacillus) yang bermanfaat, dia hidup didalam yogurt dan berkembang biak dalam suasana dan media yang mendukung. 

Nah...jadi setelah proses pengadukan adonan, sengaja saya diamkan sesaat, agar terjadi proses oksidasi dari bakteri mikro didalam adonan. Sehingga terbentuklah pori2 di dalam adonan akibat proses pelepasan gas karbon. Seperti itulah kira2 cara pikir saya dalam pembuatan cake ini, sehingga diharapkan meski tanpa pengembang kue semacam baking powder dan soda kue...harapan saya brownies kukus pisang ini tetap bisa mengembang meskipun tak setinggi bila menggunakan BTP sintetis tersebut.

Alhamdulillah, akhirnya jadi juga...dan cukup membuat saya puas dan lega. Karena hasilnya memang sesuai harapan, cakenya mengembang cukup sempurna dalam kapasitasnya cake/bolu tanpa BTP/no food additives, dan tidak bisa dibandingkan bila menggunakan bahan pengembang kue sintetis yaa...jelas sangat berbeda tekstur cakenya.

Simple Banana Brownies kukus ini saya buat dalam acara PR rutin bulanan group masak di Facebook, yaitu "Dapur Aisyah"...dengan adanya PR yang berbeda2 tema tiap bulannya, makin menambah cakrawala pandangan dalam dunia cook and bake dan wawasan pengetahuan kuliner saya.





PR Group Dapur Aisyah Januari 2014
Tema: Cake/Bolu Tanpa BTP (no food additives)

Brownies pisang ini resepnya cukup mudah dan sederhana, tanpa btp (no food additives). Cakenya memang agak padat dan berat…tapi tetap lembut dan lembab, karena ada tambahan buah pisang dan yogurt. Sengaja saya tidak menabur topping apa2...karena anak2 saya lebih suka brownies yang polos seperti ini. Jadi deh…cake yang sehat dan lezat buat cemilan anak2 disore hari atau untuk bekal sekolah.

SIMPLE BANANA BROWNIES
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 butir telur ayam
175 gr gula pasir butir halus/gula kastor
100 gr pisang ambon haluskan (kurang lebih 1 buah)
2 sdm yogurt plain/tawar
100 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk
150 ml minyak goreng

Cara Membuat:
1. Masukkan telur ayam dan gula pasir ke dalam wadah/baskom, aduk dengan wisk hingga tercampur rata (gula larut).
2. Masukkan pisang ambon halus, aduk hingga rata.
3. Masukkan tepung terigu dan coklat bubuk dengan cara diayak, aduk hingga tercampur rata.
4. Tuaangkan minyak goreng, aduk kembali hingga tercampur rata dan halus.
5. Istirahatkan dulu adonan brownies selama kurang lebih 15 menit.
6. Tuang adonan brownies ke dalam loyang brownies yg sudah dioles margarine dan dialas kertas roti.
7. Panggang hingga matang selama 30-45 menit, suhu oven 160’C.


Note:
Jika ingin hasil brownies kukus pisangnya lebih mengembang dan berpori, silahkan menambah sendiri pengembang kue yang biasa digunakan yaitu baking powder atau soda kue (kurang lebih 1/2 sdt).

4 komentar:

  1. Assalamu'alaykum
    Mbak Ita, yoghurtnya dimasukkan bareng pisang atau bagaimana? Jazakallahu khoir

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb Dian...yogurt dicampur sama pisang, lalu dituangkan ke adonan cake. Maaf sepertinya saya harus edit...ada yg kurang :)

      Hapus
  2. selamat siang mbak ita, maaf saya mau tanya untuk brownies pake api besar, sedang apa kecil mbak, soalnya saya pake api besar kuenya merekah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kalau pakai api besar memang suka merekah, sebaiknya pakai api kecil saja dengan suhu antara 150 sampai 160 derajat C. Agar menghasilkan permukaan kue yg rata dan mulus.

      Hapus