Sabtu, 19 April 2014

Simple Soft Ice Cream


Bismillah...

Memanfaatkan harta karun yang ada di kulkas...punya banyak stok krim kental dalam kemasan tetra pack. Mikir2 mau dibikin apa lagi...akhirnya coba bikin es krim yang praktis dan simpel, tentunya yang tanpa sp dan kuning telur. Karena saya kurang tertarik dengan resep2 es krim yang banyak seliweran di group masak Fb dan internet menggunakan emulsifier sintetis, sementara kalau pakai kuning telur biasanya saya masak bareng dengan adonan cair es krim agar telurnya matang.

Hasil akhirnya...Alhamdulillah, lumayan banget. Lembut dan creamy, anak2 saya sangat suka. Dan mbak Hasna bilang es krim buatan mama boleh dikasih label "Soft Ice Cream". Dan karena pembuatannya yang sangat simpel, jadilah saya beri nama "Simple Soft Ice Cream".

Happy banget...sementara waktu ini karena sudah bisa bikin es krim yang nikmat jadi bisa rada ngirit fulus, so next...gak beli es krim duluu, he he hee...
Asyik kan yaa...asal mau berusaha dan tidak memelihara rasa malas, bisa buat es krim sendiri yang mudah, enak, lembut menyegarkan, sehat pula dan sederhana pembuatannya, pastinya itu hal yang sangat sesuatu sekali.

Sudah ada yang mencoba lho sebelum saya share di blog ini. Jadi sengaja saya minta tolong teman saya yang baik hati untuk testimoni membuat resep es krim ini. Dua orang sahabat baik saya itu adalah bu Corina dan bu Peny yang kebetulan keduanya tinggal di Jepang, matur nuwun untuk ibu2 cantik berdua ini yang telah rela menguji coba resep es krim saya.

Bagaimana hasil testimoninya...Alhamdulillah menurut para beliau es krimnya sangat disukai seluruh keluarganya, terutama anak2nya.
Duh...ikut bahagia rasanya mendengar kabar itu...semoga resep es krim ini memberi manfaat juga bagi yang ingin mencoba.


Es krim yang sudah diberi tambahan filling Oreo Biskuit


Simpe Soft Ice Cream
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr thick cream (krim kental) dingin dari kulkas
250 ml susu cair putih tawar/plain dingin dari kulkas
3 sdm penuh gula pasir (jika kurang manis boleh ditambah sesuai selera)
seujung sdt garam halus (sedikit aja)
seujung sdt vanili bubuk (sedikit aja untuk aroma vanila)

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan menjadi satu, kocok dengan mixer kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit hingga adonan es krim mengental dan mengembang tetapi tidak terlalu tinggi.
2. Simpan dalam freezer selama 2-3 jam, lalu keluarkan dari freezer. Jika es krim masih keras, tunggu beberapa menit (10-15 menit) agar sedikit cair. Kemudian mixer kembali hingga adonan es krim mengental dan mengembang cukup tinggi (ditandai semakin terasa berat saat mixer adonan es krim).
3. Simpan kembali ke dalam freezer selama 2-3 jam, siap disajikan. Jika sudah kurang sabar menanti, 1 sampai 2 jam boleh dicobain.

A. Penampakan adonan es krim setelah pengocokan dengan mixer di tahap kedua.


B. Es krim dimasukkan ke dalam box, dan disimpan kembali ke dalam freezer.  Untuk menghasilkan 3 box plastik adonan es krim ini, saya membuat 2 resep Simple Soft Ice Cream.


# Note:
- Krim kental (thick cream) ini bukan/berbeda dengan whip cream lho yaa...jadi kalau ada yang bertanya bisa nggak pakai whip cream, silahkan eksperimen sendiri...mungkin juga bisa jadi, karena saya belum mencoba bikin es krim dari whip cream baik whip cream yang dairy (cair) ataupun whip cream yang non dairy (bubuk).
- Jika ingin menggunakan susu cair yang ada perasa (coklat, strawberry, dll) silahkan saja...tapi biasanya susu yang ada rasanya itu sudah manis, jadi harap diperhatikan untuk penambahan gula pasir tentunya harus dikurangi, jumlahnya sesuaikan sendiri sambil dicicipi saat mengocok adonan es krim.
- Jika ingin varian rasa lain, silahkan modifikasi sendiri, bisa menggunakan pasta/essence sesuai kesukaan. Disini saya tidak menggunakan bahan2 itu semua, karena anak2 saya lebih suka rasa es krim vanila atau kadang2 membuat yang rasa coklat.
- Bisa ditambah isian semacam buah2an segar yang diblender/dipotong kecil2, messes ceres, remahan biskuit oreo (sebaiknya cream putihnya jangan disertakan) dan lain sebagainya sesuai selera masing2. Memasukkan isian ke dalam es krim sebaiknya setelah selesai pengocokan adonan es krim tahap kedua, campurkan isian kedalam es krim lalu aduk rata, simpan kembali di dalam freezer, tunggu hingga beku kembali. Baru es krim siap untuk dinikmati.


Selamat Mencoba...

14 komentar:

  1. جزاك الله خيرا
    Nanti mau coba ah....
    Resep kukernya mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak...dicoba, mudah2an suka dg hasilnya. Resep kue kering sudah ada tuh...monggo dicek :)

      Hapus
  2. Mbak, kalau pake food processor bisa? Krn mikser saya jadul, khawatir kurang kuat khususnya pengocokan kedua? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya belum pernah pakai FP buat es krim ini mbak, krn fungsi FP kan beda dg fungsi mixer. jadi lebih baik pakai mixer saja...dicoba saja mixernya yg lama siapa tahu bisa :)

      Hapus
    2. O begitu ya. Baik saya akan coba, terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Hapus
  3. Mba, contoh kremnya merk apa ya? Sy taunya cuma whippcream.
    Sisil - Riau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya krim kental itu juga gak beda jauh dg whip cream mbak, hanya kandungan lemak krim kental/thick cream lebih banyak, shg hasil es krimnya juga lebih creamy dan kental. Jika gak ada bisa diganti dg whip cream koq...cuma saran saya jumlah susu cairnya agak dikurangi saja agar mendapatkan hasil es krimnya bisa lembut, misalnya dalam resep 250 ml susu cairnya, dikurangi jadi 200 ml saja, untuk whip cream tetap 250 ml.
      saya kurang tahu merek krim kental yg ada di Indo, kebetulan saya mudah mendapatkan krim kental di Kuwait.

      Hapus
    2. Mbaa...kl whiped creamnya yg bubuk...dicairkn dl jd 250ml? Brarti airnya brp utk nikin 250ml...kl ga dicairkan brafti murni 250gr?

      Hapus
    3. Mbaa...kl whiped creamnya yg bubuk...dicairkn dl jd 250ml? Brarti airnya brp utk nikin 250ml...kl ga dicairkan brafti murni 250gr?

      Hapus
  4. Makasih ya atas informasinya sangat bermanfaat untuk dicoba
    Manfaat bunga kamboja

    BalasHapus
  5. sis kalau cream kental nya di ganti dengan susu kental manis bisa gk ya? soal nya di sini susah banget cari cream kental

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba saja...krn saya belum pernah mencoba pakai skm, yg pasti skm itu sudah manis...jadi pasti juga akan merubah komposisi bahan dalam resep ini...

      Hapus
  6. MAKASIH RESEPNYA BUN, SANGAT MEMBANTU APALAGI BAGI PEMULA...

    BalasHapus