Senin, 17 Desember 2012

Butter Cream Sederhana



Ini resep butter cream ala saya yang cukup sederhana dan gampang membuatnya ...
Untuk rasa menurut saya sudah pas dan lembut...manisnya juga tidak eneg, dan teksturnya cukup kokoh tidak lembek. Butter cream ini biasanya saya gunakan untuk mengoles (filling) roll cake, sebagai topping cake atau untuk mendekor cup cake...atau bisa juga untuk menghias kue2 lainnya.

Maaf yaa, fotonya juga hanya sederhana, lupa gak difoto lagi pas udah dipindahkan ke wadah yang lebih bagus. Udah kadung masuk kulkas...InsaAllah nanti akan saya posting dalam kondisi yang cantik :)


Butter Cream Sederhana
Resep; Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
350 gr mentega putih (shortening, pilih yang berkualitas bagus)
150 gr margarin
150 gr susu kental manis putih
100 gr gula icing/gula halus
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat:
1. Campur menjadi satu mentega putih, margarin, garam halus, vanili bubuk dan susu kental manis. Kocok dengan mixer kecepatan sedang hingga semua tercampur rata.
2. Masukkan gula icing/gula halus, kocok kembali dengan mixer hingga adonan butter cream mengembang putih dan kaku.
3. Siap untuk digunakan untuk menghias cake, atau bisa disimpan sebagai stok butter cream (masukkan ke dalam kulkas).

10 komentar:

  1. Hai mb ita, assalamu'alaikum..
    Saya Cha2 salam kenal dari Jogja, saya suka bgt liat blog mb wat referensi baking saya.. Kebetulan masih pemula, saya cba bkn butter cream nya ini, ringan dan enak mb, makasih ya mb ud share ilmu ke qta2, smga bermanfa'at dan nambah pahala, amin.. Oya mb, butter creamnya ini tahan brp lama ya mb di kulkas?? Soal'nya saya baking akhir pekan doank, takut expire hiks.. Tq ya mb sebelumnya

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam....salam kenal juga mb Cha2, dr jogja ya...Jogja nya dimana, barangkali nanti kalo saya pas di jogja bisa ketemu :)
    Awt koq mb Cha2, butter cream ini...saya sering buat tahan beberapa bulan di kulkas (3 bulan), bukan di freezer yaa..., kalau di freezer malah lebih awet lagi. Yang penting pastikan wadah penyimpannya kedap udara dan bersih.

    BalasHapus
  3. resepnya bagus semoga bermenfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Indra Setiawan...mudah2an bermanfaat bagi yg membutuhkan :)

      Hapus
  4. Hai mba ita, slam kenal...
    Saya wheny, mau nanya nie butter cream ini bsa ngak ya mba di pake buar bunga mawar/rose cream ?? Alx saya pernah bikin butter cream dari gula yg di cairkan hasilx terlalu lembut dan susah membentuk bunga mawarx ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mb Wheny, bisa mbak dipakai untuk membuat bunga rose...kalau mau dibuat bunga mawar, simpan dulu di kulkas, dan gunakan setelah keluar dr kulkas...jadi masih agak keras, shg mudah dibentuk/dipiping :)

      Hapus
  5. Salam kenal mbak ita, saya ida.
    Saya tertarik dech dgn resep butter creamnya, sederhana dan simple. Pengen coba utk cake ultah anak saya nnti. sekalian mau tanya mba, utk shortening yang enak itu merk apa ya mbak?... ditempat saya ini yg ada hanya mentega putih kiloan apa msh enak dan gak ngendal di lidah ya?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shortening atau mentega putih bisa beli di tbk mbak, untuk merek yg bagus dr australia...tapi sy lupa apa namanya. Yg produk Indonesia jg sdh ada yg enak dan tdk ngendal, dari blue band dan palmia...coba tanya di toko bahan kue terdekat.

      Hapus
  6. Assalamualaikum. Salam kenal mbak.
    Saya pengen pake resep BC mbak ini untuk ulang tahun anak saya, tp pengen yg rasa keju atau coklat. Dan kalo butter cream ini ditambahin keju cheddar parut bisa kan mba?...atau krim cheese home made bs ga ya ?...(yg dibuat dari keju cheddar+susu) karna ditmpat sy cream cheese mahal sekali. Dan kalo mau yg rasa coklat baiknya ditambah coklat bubuk atau coklat blok?..kira2 takaran keju atau coklat pake berapa gram mbak?...

    Terima kasih sebelumnya. Mohon pencerahannya ya mbak. Fitri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya pakai cream cheese aja mbak...kalo pake cheddar nanti butter cream jd brgrindil gak halus. Pemakaian cream cheese dikira2aja mbak, dan untuk gula hrs dikurangi spy rasa kejunya tdk tubrukan dg manisnya gula. Jika mau berasa coklat boleh pakai coklat blok yg dicairkan, atau susu kental manis yg coklat. Selamat bereksperimen mbak...

      Hapus