Minggu, 23 Februari 2014

Unbaked Klappertart



Bismillah...

Lama sekali sejak tidak nemu kelapa muda disini saya jadi jarang buat dessert klappertart, adanya kelapa muda yang setengah tua sehingga tidak pantas dibuat klappertart. Sejak beberapa bulan lalu ternyata di super market asia ada kelapa muda kemasan dalam botol, oke deh...seneng banget dan akhirnya cita2 kepingin bikin klappertart segera tercapai.

Oh iyaa...untuk kali ini saya akan share membuat klappertart yang tanpa di panggang dalam oven. Tetapi klappertart yang direbus dan didinginkan...begitu simpel dan praktis, seperti membuat puding. Resep in saya racik sesuai kehendak dan selera saya, awalnya karena terinspirasi dari resep Hanna Klappertart yang saya baca di Internet dan Youtube. Untuk rasa sebenarnya tidak jauh beda dengan yang di oven, asalkan resepnya pas takarannya dan kekentalan adonannya tidak terlalu padat. Dijamin sama lembutnya, dingin maknyess dan klenyer2 creamy membelai lidah...




Unbaked Klappertart (Klappertart tanpa di panggang)
Midified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 ml susu cair
500 ml air kelapa
180 ml susu kental manis (1/2 kaleng)
3 kuning telur kocok lepas
100 gr gula pasir
20 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
20 gr tepung kustard
2 butir kelapa muda, potong dadu kecil
100 gr unsalted butter
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk

Bahan Topping/Taburan
kismis
almond/kenari panggang cincang halus
bubuk kayu manis
dan lain2 sesuai selera

Cara Membuat:
1. Dalam wadah/mangkok besar, masukkan tepung terigu, tepung maizena, tepung kustard dan susu cair. Aduk rata dengan wisk hingga tercampur dan larut.
2. Masukkan kuning telur yang sudah dikocok lepas, susu kental manis dan air kelapa, aduk hingga tercampur rata. Kemudian saring agar tidak bergerindil (harus disaring yaa...supaya adonan klappertart halus dan licin).
3. Masukan adonan yang sudah disaring ke dalam panci, panaskan panci dengan api sedang. Tuangkan gula pasir, garam dan vanili bubuk, aduk terus memutar searah (jangan diaduk bolak balik gak beraturan).
4. Masukkan kelapa muda dan butter, aduk terus searah hingga butter meleleh dan adonan meletup-letup (tanda telah mendidih). Angkat dan tuangkan adonan klappertart ke dalam cetakan yang sudah disiapkan. Dinginkan dan tunggu agar keluar uap panasnya, simpan di dalam kulkas. Hias dengan topping/taburan sesaat sebelum dihidangkan.




Selamat Mencoba...

2 komentar:

  1. Terima kasih ya mba' atas sharing resep klappertartnya, sya juga ingin coba buat sih, tapi maaf mau tanya diresep tertulis ada 3 kuning telur, apakah dimasukkan juga ke adonan? lalu kapan dimasukkannya? terima kasih...
    -rita-

    BalasHapus
  2. Mb Rita, waduh iyaa...maaf kuning telur dimasukkan pada tahap/no 2 di cara pembuatan.
    Nanti saya editnya, sekali lagi terima kasih, sudah koreksi resep...namanya juga manusia, terkadang lupa, he hee...

    BalasHapus