Minggu, 23 Februari 2014

Roti Bantal Santai (Easy Sweet Bun)



Bismillah...

Wow...jadi ikutan tertarik dengan resep roti tanpa ulenan yang di share Mb Nikmatul R. di Group Facebook NCC,  banyak teman2 di Facebook pada lapor sudah mencoba resep andalan mb Nik yang tinggalnya di Hongkong. Hampir semua yang mencoba resep mb Nik memberi testimoni hasil yang menggembirakan.

Andalan dan keistimewaan resep roti dari mb Nik ini adalah tidak perlu menguleni adonan roti/No knead dough, cukup hanya dengan mengaduk adonan roti secara santai tanpa banyak keluar tenaga hingga tercampur rata, lalu didiamkan hingga mengembang. Jadi sangat memudahkan dan membuat tangan tidak capek alias pegel linu setelah menguleni adonan roti. Dengan hasil rotinya cukup lumayan enak, lembut dan empuuk, amazing...secara tanpa ada episode ulen menguleni adonan roti.

Tapi bagi yang terbiasa membuat roti dengan mengulen pasti akan bisa membedakan dari perbedaan tekstur serat rotinya, tetap lebih halus dan lembut dengan roti yang di uleni lama. So...monggo silahkan untuk mencoba dan memilih diantara keduanya, sehingga nanti akan tahu perbedaannya.

Anyway...and however, resep dengan no knead dough ini sangat membantu sekali buat ibu2 yang ingin cepat dan mudah membuat roti dan cocok untuk ibu2 yang malas serta kurang suka mengulen adonan roti.

Begitulah ceritanya...
Dan di bawah ini saya share resep dari nara sumbernya, Mb Nikmatul Rosidah...copas dari Group Fb NCC:


Sweet Roll Bun
Source: Nikmatul Rosidah

-80 ml air hangat.air bisa dikurangi jadi 50 ml jika takut lengket.
-2 1/4 sdt active dry yeast (ragi kering buat roti)
-1/4 sdt gula putih.
-5 sdm gula putih
-320 ml susu hangat.
-1 telur kocok ringan.
-1 1/2 sdt garam
-75 gr unsalted butter/mentega tawar, lembutkan suhu ruang
-4 cup (512 gr) tepung terigu protein sedang/All Purpose Flour, diayak.
+extra tepung sekitar 80an gram untuk taburan.

Bahan Untuk Butter Poles:
-4 sdm butter ,lelehkan.
-3 sdm Gula halus, icing sugar
-3 sdm madu, atau maple syrup.
Untuk butter poles, campur semua ke 3 bahan tsb.

Caranya:
di gelas masukkan air hangat dan yeast/ragi dan 1/4 sdt gula, aduk sampai larut lalu diamkan selama 10 menit sampai ragi bener bener berbusa (Air nya jgn sampai terlalu panas krn bisa bikin ragi mati).
Dimangkok besar campurkan sedikit tepung dan garam dan gula serta butter. Remas remas butternya ditepung.
Masukkan semua sisa bahan lalu aduk aduk dan masukan sebagian tepung lagi dan lagi sampai tepung habis dan campur. Lalu tutup mangkok dan diamkan adonan diruangan yg hangat sampai mengembang 2 x lipat.selama 1 jam.
Kempeskan adonan,lalu pindahkan kepermukaan yg sudah ditaburi tepung, ini adonan akan lengket banget jadi siap extra tepung tp jgn terlalu banyak juga.
Bagi adonan menjadi dua, lalu pipihkan adonan dgn rolling pin bentuk bulat spt pizza, polesin permukaan dgn butter poles, belah belah dgn pisau dgn bentuk segitiga, lalu gulung dari pinggir ke dalam.
Tata di loyang ato di tin foil yg sdh di olesin dgn minyak sdikit. Kasih jarak, diamkan selama 45 an menit biar mengembang. Lalu panggang di oven yg sudah panas dgn suhu 180 derajat selama 15 menit. Ketika roti dikeluarkan langsung poles permukaannya dgn butter lagi. Silahkan mencoba pasti anak anak suka banget. Hasilnya lembut.


---------------------ItaMikdar|2014---------------------




Alhamdulillah...

Dari resep beliau tersebut di atas saya mencoba untuk menulis kembali resepnya dengan gaya bahasa saya sendiri, agar lebih mudah saya pahami dan saya ikuti dengan sistematis. Resep aslinya sedikit saya modifikasi dalam cara/metode pembuatan dan komposisi bahan2 untuk menyesuaikan ketersediaan bahan di dapur.

Yang pasti saya merasa puas dengan hasil roti tanpa ulenan ini, sangat menginspirasi...untuk selanjutnya saya akan mencoba mengulik resep2 roti dengan menggunakan adonan dasar resep "Sweet Roll Bun" ini. Dengan resep ini untuk sementara waktu Bread Maker Mr. Kenwood yang biasanya menjadi asisten saya dalam menguleni dough/adonan roti istirahat dulu yaa, he hee...

Oh iya, tak usah kaget ya kalau adonan roti/dough dari resep ini nantinya super lengket ditangan. Karena memang dalam resep ini banyak penggunaan cairan (susu cair), sehingga adonan roti juga menjadi agak lembek tidak kalis seperti adonan roti yang diuleni. Dan sebaiknya jangan sampai tergoda untuk menambah tepung terigu dalam adonan roti karena kelengketannya itu, efeknya nanti roti malah jadi bantat dan tidak lembut lagi. Saran saya olesi kedua telapak tangan dengan minyak goreng atau tepung terigu saat mengambil dan membentuk adonan roti menjadi bulatan2 roti.

Ucapan terima kasih untuk Mb Nik yang sudah berbagi resep sweet roll bun istimewa ini, sangat bermanfaat bagi teman2 yang membutuhkan. Semoga dalam berbagi ilmu memasaknya menjadi amal jariyahnya di akhirat kelak, aamiin...

Nah...yang saya tulis di bawah ini resep Sweet Roll Bun hasil modifikasi dari Dapur Griya Khayangan, dengan sebutan nama baru yang menurut saya sangat tepat, sesuai dengan cara pembuatannya ..."Roti Bantal Santai"...




Roti Bantal Santai (Easy Sweet Bun)

Modified: Ariesta Mikdar | Dapur Griya Khayangan-2014

Bahan Biang:
100 ml susu cair hangat
10 gr (2 sdt) ragi instan
15 gr (1 sdm) gula pasir
10 gr (1 sdm) tepung terigu
---> Campur semua bahan jadi satu, aduk rata, diamkan 10 menit hingga berbuih

Bahan Dough:
500 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr gula pasir
2 kuning telur
100 gr unsalted butter cair
½ sdt garam
½ sdt vanili bubuk
300 ml susu cair suhu ruang

Bahan Isi/Filling:
coklat messes
keju cheddar
selai strawberry
dan lain2nya sesuaikan selera keluarga

Bahan Olesan Roti:
50 ml susu cair untuk oles roti sebelum masuk oven
50 gr unsalted butter cair untuk oles roti setelah matang

Cara Membuat:
1. Siapkan mangkok besar, masukkan semua bahan kering (tepung terigu, gula pasir, vanili bubuk, garam). Aduk hingga tercampur rata.

2. Lubangi bagian tengah tepung terigu seperti membuat sumur, lalu tuangkan  bahan basah (adonan biang, kuning telur kocok, unsalted butter cair, susu cair). Aduk campuran adonan roti dengan sendok kayu/centong nasi plastik hingga adonan roti tercampur rata (tidak perlu menggunakan tangan untuk menguleni adonan ini, karena pasti akan lengket di tangan).
3. Istirahatkan adonan roti selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang dua kali lipat.
4. Olesi kedua telapak tangan dengan minyak goreng, kempiskan adonan roti. Olesi lagi kedua telapak tangan dengan minyak goreng, ambil adonan roti timbang seberat 40-50 gr, bulatkan, isi dengan isian sesuai selera.
5. Atur dan letakkan adonan roti yang sudah dibentuk bulat diatas loyang (oles loyang dengan margarin), beri jarak diantaranya sekitar 1 cm.
6. Istirahatkan hingga mengembang dua kali. Kemudian olesi permukaan roti dengan susu cair, panggang di dalam oven dengan suhu 180’C selama kurang lebih 20 menit hingga golden brown.
7. Keluarkan roti dari oven, olesi permukaan roti dengan unsalted butter cair. Sajikan hangat.




# Note:
Untuk penggunaan butter sebaiknya yang unsalted butter (mentega tawar), jika tidak ada stok unsalted butter bisa menggunakan margarin. Tapi pastikan margarin yang berkualitas baik, jika ada margarin yang unsalted akan lebih baik. Tapi biasanya margarin memiliki rasa yang asin, maka dari itu hati2 dan perhatikan untuk penambahan garam dalam adonan roti jangan sampai berlebih. Nanti rotinya jadi terlalu asin.


Selamat Mencoba...

7 komentar:

  1. qurrotul aini12 Maret 2014 10.52

    mba ita, mo nanya untuk buat bahan biang ada ukuran2 tertentu gak sih,, misalny perbandingan antara ragi: susu cair: gula,,, sekian banding sekian atw bagaimn? misal klo adonan thangzhong kan air:tepung 5:1

    BalasHapus
  2. Untuk buat biang tergantung yang punya resep sih mabk, kalau ini kan cara saya, jadi untuk takaran air tetap sesuai resep, hanya kita ambil sebagian untuk membuat biang (kurang lebih ambil yg mudah saja takarannya, misal: 100 ml). Nah...sisa air nanti kita masukkan ke dalam adonan roti untuk diaduk/diuleni. Kalau gula pasir dan tepung terigu di adonan biang takaran 1 sdm itu sudah umum, jadi walaupun mau bikin berapa resep, gula dan tepung terigu tetap 1 sdm, fungsi gula pasir dan tepung terigu diadonan biang adalah membantu mempercepat ragi berkembang, karena gula pasir dan terigu itu sumber energi bagi perkembangbiakan jamur di dalam ragi. Begitu mbak Qurrotul Aini, mudah2an jelas dengan keterangan dari saya... :)

    BalasHapus
  3. qurrotul aini13 Maret 2014 16.00

    alhamdulillah udah jelas mba ita. mksh ya penjelasan nya sngt bermanfaat,, skalian izin mo liat2 resep mba ita yg lain

    BalasHapus
  4. Iya mbak Qurrotul Aini...silahkan lihat2 resep, mudah2an ada yg cocok dan dicobain...

    BalasHapus
  5. Mbak, kl mau bikin doughnya stgh resep, apakah biangnya dibikin stgh jg ? Thx mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak...bikin adonan biangnya setengah resep juga.

      Hapus
  6. Though I need translator to read this recipe because it looks yummy.
    http://recipeshindi.com/

    BalasHapus