Selasa, 11 Februari 2014

Sup Krim Jagung



Bismillah...

Sup krim jagung ini sangat cocok sebagai penghangat badan dikala hawa dingin dan disaat musim penghujan. Saya mencoba menampilkannya dengan cara pembuatan yang cukup sederhana tetapi tidak mengurangi rasa kelezatan sup krim ini.

Menjadi menu sarapan pagi juga sangat cocok...karena membuatnya cukup mudah dan tidak menyita waktu yang lama. Disajikan hangat sangat nikmat...bersama pelengkap kesukaan keluarga.

Untuk pendamping sup krim jagung biasanya saya membuat garlic bread dari roti tongkat, atau menggunakan roti tawar yang di potong dadu kecil, lalu ditumis dengan sedikit margarin sampai roti mengering menjadi croton.


Sup krim Jagung
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kuah Sup:
750 ml air kaldu ayam
250 ml susu cair tawar

Bumbu Halus:
3 butir bawang putih
5 butir bawang merah
1/2 sdt merica butiran

Bahan Isi Sup
100 gr jagung manis pipil diutuhkan (whole)
100 gr jagung manis pipil dihaluskan+100 ml air, lalu saring (air sari jagung)
150 gr (1 potong) daging dada ayam rebus, potong dadu
1 buah wortel potong dadu kecil
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 100 ml air
1 butir telur, kocok lepas
1 sdt minyak wijen
1 sdt garam (sesuai selera)
2 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 batang daun bawang, potong kecil
1 sdm margarin, untuk menumis bumbu halus




Cara Memasak:
1. Didihkan air putih sebanyak 750 ml, masukkan daging dada ayam, tambahkan sepotong daun seledri dan daun bawang, rebus daging ayam hingga lunak, lalu angkat dan potong dadu kecil. Air kaldunya untuk membuat kuah sup.
2. Panaskan margarin, tumis bumbu halus hingga layu, lalu masukkan ke dalam air kaldu ayam.
3. Jerang/masak kembali air kaldu ayam, masukkan daging ayam, jagung dan wortel. Masak hingga jagung dan wortel matang.
4. Tuangkan air sari jagung, minyak wijen, susu cair, aduk rata. Masukkan telur ayam yang sudah dikocok lepas sambil dengan cepat aduk2 agar tidak bergumpal, lalu tuangkan larutan maizena, aduk rata. Tunggu hingga kuah mengental dan mendidih, masukkan potongan daun bawang, kemudian angkat.Sajikan hangat bersama pelengkapnya.

2 komentar:

  1. Berawal dr keinginan ku n suami utk membuat tortilla drumah,akhirnya membawa ku k blog x mbk ita. ku liat resep2x smw n ada bbrp yg aku praktekin,hasilnya mmuaskan smw. jadi pingin kenal n ktemu ma mbk ita yg pandai masak utk anak2 n suaminya. Titin-surabaya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, makasih banyak mb Titin...sudah singgah dan mencoba resep2 saya, mudah2an sesuai selera dan cocok dalam menyajikan untuk klg mb Titin. Saya juga masih harus banyak belajar dalam masak memasak...sama saja koq, bisa karena rajin trial and error.. :)
    Salam kenal mb Titin...dari Surabaya ya, saya asli dari Ponorogo. Semoga kalau saya mudik bisa saling silaturahmi nantinya...InsaAllah.

    BalasHapus