Kamis, 20 Februari 2014

Membuat Telur Asin Sendiri (Salty Egg Homemade)



Bismillah...

Sebenarnya saya jarang mengkonsumsi telur asin, hanya sesekali ketika dirumah tidak ada sediaan lauk pauk lain...terpaksalah makan nasi hangat sama telur asin plus sambel kecap, cukuplah nikmat dan kenyang. Dan apalagi semenjak tinggal di Kuwait ini...jarang sekali punya stok telur asin, karena memang disini tidak ada yang jualan telur asin.

Ketika saya masih tinggal bersama orangtua di kampung halaman, almarhumah bude saya sering membuat telur asin sendiri. Tetapi waktu itu tak terbersit rasa ingin tahu bagaimana proses pembuatan telur asinnya, tetapi saya hanya tahu kalau bude saya sering merendam telur bebek di dalam ember yang berisi air garam untuk dijadikan telur asin. Kemudian telur asin itu oleh bude saya di jual dengan cara menitipkan di warung2/rumah makan di sekitaran tempat tinggal kami. Jadinya telat sudah yaa...saya gak bisa tanya bagaimana resep pembuatan telur asin ala bude saya. Nyesel juga jadinya, hikss...

Alhamdulillah...
Dalam dunia maya ini (internet) jika kita rajin mencari dan membaca apa yang kita inginkan selalu ada tersedia, tinggal semangat dan kinerja kita yang siap atau tidak merubah kita menjadi seseorang yang mau berusaha dan meraih sukses. Waduh, bu Ita lagi mau menulis resep atau berfilsafat...he he hee...

Baiklah, saya akan bercerita tentang pengalaman saya membuat telur asin...
Kira2 setahun yang lalu saya memulai untuk pertama kalinya bereksperimen membuat telur asin, dan syukur tak terkira hasil coba2 bikin telur asinnya sukses. Dari uji coba resep tersebut dan terus saya lakukan perbaikan2 hingga akhirnya bisa memperoleh komposisi resep yang InsaAllah sangat pas menurut saya. Asinnya pass, keluar minyak dengan pass, dan masirnya pun sangat pass tidak sampai jadi pasir beneran, he he hee...

Saya menggunakan ukuran gelas dalam membuat racikan larutan garam untuk merendam telur, dan telur yang saya gunakan bukan telur bebek, tetapi telur ayam saja. Baiklah...mari kita membuat telur asin, hingga nantinya kita akan panen setelah 3 minggu diperam dalam larutan air garam.




Membuat Telur Asin Sendiri
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
12-15 butir telur ayam ukuran besar (grade A)

Bahan Larutan Garam:
4 gelas air (1 gelas belimbing = 250 ml)
2 gelas penuh garam kasar
2 sdm gula pasir (membuat rasa telur asin lebih gurih)
3 lembar daun salam

Cara Membuat:
1. Cuci bersih telur ayam dengan air mengalir, cek kulit telur agar tidak ada telur yang retak.
2. Rebus bahan larutan garam, aduk2 hingga garam larut dan air mendidih, dinginkan. Jika masih ada garam yang tidak ikut larut, gak perlu kuatir, tidak masalah...tandanya larutan garam tersebut sudah jenuh.
3. Tuangkan larutan garam yang sudah dingin ke dalam toples bening, masukkan telur satu persatu secara hati2. Tutup toples, dan tunggu hingga sampai 3 minggu untuk dipanen.
4. Selama masa perendaman, sekali2 dilihat dan dicek apakah telur tetap dalam keadaan utuh. Jika ada yang terlihat retak segera ambil dan sisihkan, agar tidak mengkontaminasi larutan garam dan telur lain yang masih bagus kondisinya.
4. Setelah 3 minggu, keluarkan telur ayam dari larutan garam, masukkan telur ayam asin ke dalam panci yang sudah berisi air putih. Rebus telur ayam asin dengan api sedang selama 20 menit. Angkat telur ayam asin dan dinginkan. Telur ayam asin siap untuk dinikmati.


Selamat Mencoba...

10 komentar:

  1. M̶̲̥̅̊βàķ ita apa kabar ? Mmg hidup diLN kita kudu super2 kreatif krn segala sesuatunya tdk tersedia spt di indonesia tercinta.

    Pertanyaan saya, di turki tdk ª∂a̲̅ garam kasar, pake garam halus sama saja kan.? Mgkin waktunya kudu ditambah jd 4 mggu barangkali ya atao tetap 3 mggu saja ? Matur nuwun

    BalasHapus
  2. Iya mb Bintarti...begitulah kalau hidup jauh di rantau luar ranah negeri, apa2 jadi dipaksa bisa dan akhirnya terbiasa dan harus bisa, he hee...
    Kalau gak ada garam kasar boleh2 aja pakai garam halus...cuma kalau garam kasar memang lebih asin. Di Kuwait ada tuh mbak...garam kasar, beli yang ada tulisan sea salt dalam kemasan plastik gitu. Bisa jadi memang harus ditambah waktu rendamnya...di tes aja, setelah 3 minggu rebus satu telur saja dulu, kalau sudah cukup asin...boleh direbus semua, kalau dirasa belum asin dilanjutkan saja rendamnya.

    BalasHapus
  3. Halo, tipsnya lengkap dan bermanfaat. Ada varian telur asin lain lho, telur gurih atau telur asin bakar, kalau penasaran bisa coba order telur asin bakar nya, rasanya gurih dan aroma bakarnya juga sedap.

    Ini webnya: www.JualTelurAsinBakar.com
    Kontak: Bpk. Miko Raharjo
    HP/BBM: 0838.3132.4892 / 280e27a8
    Email: telurgurih@yahoo.com

    BalasHapus
  4. LAPOR : M̶̲̥̅̊βàķ ita, alhamdulillah telur asinnya sdh jadi, sukses persis difoto M̶̲̥̅̊βàķ ita "̮♡hϱ♡hϱ♡hϱ♡"̮ senangnya ..

    Ternyata diTurki byk garam kasar M̶̲̥̅̊βàķ, saya yg selama ini krg gaul .. Ampuun maluu deh ...

    Matur nuwun ya M̶̲̥̅̊βàķ buat tipsnya. Nanti saya akan coba resep2 yg lain dan tunggu laporan berikutnya "̮♡hϱ♡hϱ♡hϱ♡"̮

    BalasHapus
  5. Wow...horeee, teriak kegirangan ya mb Bintarti, alhamdulillah...ikut senang telur asinnya sukses...siap2 bikin lagee.... ha ha haa...

    BalasHapus
  6. Mbak ita K̲̅āĹ☺ ϑɪ̣̝̇ rendam selain pake toples beling ßɪ̣̇sªâ gak? #misal pake toples plastik

    Makasih mbak..mohon pencerahannya

    Anisah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak Anisah pakai toples plastik...gak apa2, pakai apa aja yg ada di dapur.

      Hapus
  7. Semenjak percobaan resep pertama berhasil dari mba saya jadi ketagian nongkrong di blog ini, mba saya mau tanya 2 gelas garam itu kira kira berapa gram ya ? Terima kasih banyak.

    BalasHapus
  8. Garam yg tdk ikut larut apa jg disertakan sbg perendam? Trimakasih

    BalasHapus