Kamis, 06 Februari 2014

Puding Zebra Tape Ketan Hijau



Bismillah...

Dapat hantaran tape ketan hijau dari tetangga yang baik hati...tapi sayang warna hijau tape ketannya agak pucat kurang gelap hijaunya. Pikir punya pikir mau di jadiin apa ya si tape yang ada di kulkas, kuatir terlalu lama diinapkan nanti malah over fermentation.

Jreng- jreng...biar tape ketan hijaunya jadi something special, so...disulap aja deh jadi puding zebra. Resepnya tercipta secara mendadak saja, memanfaatkan bahan2 yang ada di dapur, asal cemplung...tapi tetap dengan takaran dan timbangan yang pas and feeling yang InsaAllah so good...

Finally, puding zebranya bisa disajikan untuk hidangan anak2 yang sedang mengaji TPA di rumah sore kemaren
Alhamdulillah...


PUDING ZEBRA TAPE KETANG HIJAU
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 sachet agar2 swallow globe putih/plain
500 gr tape ketan hijau
6 lembar roti tawar potong pinggirnya
1250 ml susu cair putih (boleh diganti santan)
250 gr gula pasir (manis sedang, jika kurang manis tambah sesuai selera)
1/8 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk




Cara Membuat:
1. Blender tape ketan hijau dan roti tawar dengan susu cair 250 ml (susu cairnya diambil dari yg 1250 ml). Lalu saring hasil blenderan tersebut, agar menjadi halus.
2. Campur hasil blenderan tape ketan hijau dan roti tawar dengan semua sisa bahan, aduk rata. Rebus hingga mendidih dan matang.
3. Bagi adonan puding menjadi 2 bagian yang sama banyaknya, satu bagian A tanpa dikasih pewarna hijau, satu bagian B beri pewarna hijau sehingga gradasi warnanya lebih hijau dari bagian A. Tunggu adonan puding agak menghangat dan mengental. Karena kalau masih panas dituang di cetakan, puding zebra tidak akan terbentuk bagus.
4. Siapkan cetakan puding, tuang 1 sendok sayur adonan A ditengah2/disatu titik, lalu tuang di atasnya satu sendok sayur adonan B, begitu seterusnya sampai adonan habis sehingga terbentuk puding zebra. Lakukan agak cepat agar adonan puding tidak keburu membeku. Dinginkan, simpan di dalam kulkas, agar cepat mengeras. Sajikan.

Selamat Mencoba...

1 komentar: