Kamis, 20 Februari 2014

Ayam Goreng Tepung ala KFC



Bismillah...

Di bawah ini resep ayam goreng tepung ala KFC yang sering saya buat, tepung bumbunya juga saya racik sendiri. Membuat racikan tepung bumbunya menggunakan bumbu2 dalam bentuk bubuk, rasa dan aroma tepung bumbunya sudah cukup mirip dengan ayam goreng yang ada di gerai terkenal itu.

Dan jika benar cara pengolahannya serta mengikuti step by step dari resep saya, InsaAllah ayam goreng tepungnya akan berpenampilan cantik dan keriting, garing dan krispi kriuk kriukk deh...


Ayam Goreng Tepung ala KFC
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam potong sesuai selera
1 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis
1 sdt garam halus (secukupnya)
1 sdt lada halus
1/2 sdt ketumbar
3 siung bawang putih haluskan
3 cm jahe haluskan
---> Campur semua bahan diatas, aduk rata. Diamkan atau simpan dalam kulkas minimal 1 jam agar bumbu meresap.
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan Tepung Bumbu:
200 gr tepung terigu
100 gr tepung beras
100 gr tepung maizena
1 sdm bawang putih bubuk
3 sdt garam halus (secukupnya)
2 sdt baking powder (soda kue juga boleh)
2 sdt lada bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jintan bubuk
1 kotak kaldu blok ayam haluskan
---> Semua dicampur menjadi satu dan aduk hingga rata

Bahan Celupan:
4 sdm tepung bumbu yang sudah dibuat diatas
250 ml air putih
2 putih telur
---> Tuangkan air putih kedalam tepung bumbu...aduk hingga rata, masukkan putih telur...aduk kembali hingga tercampur semua dengan rata.




Cara membuat:
1. Masukkan potongan ayam ke dalam adonan tepung bumbu satu persatu sambil ditekan dengan jari-jari. Lakukan hingga semua potongan ayam tersalut tepung bumbu.




2. Lalu celupkan potongan ayam ke dalam adonan pencelup...kerjakan satu persatu, lalu gulirkan kembali ke dalam tepung bumbu sambil ditekan-tekan/dikepal-kepal dan dicubit-cubit dengan jari-jari agar tepung erat menempel dan tidak rontok.
3. Goreng potongan ayam ke dalam minyak goreng panas yang banyak dengan api sedang. Bolak balik...hingga ayam matang kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan...siap dihidangkan hangat sebagai lauk bersama nasi panas.




Semoga Bermanfaat, Selamat Mencoba...

3 komentar:

  1. Haloo mbak ita, saya suka banget sama ayam ini, saya udah coba buat rasanya mirip seperti ayam KFC yang dijual2, tp penampilannya gk bagus seperti punya mbak ita.. kira2 salahnya dimana yaa...??

    BalasHapus
  2. Salahnya dimana yaa...saya juga tidak tahu, dicoba aja lagi mbak Riani...
    Ikuti step2nya dg teliti, ayam harus dimasukkan dalam tepung sambil ditekan, diremas2 agak lama, atau dicubit2 bagian kulit ayamnya...lalu celupkan ke adonan pencelup, masukkan lagi kedalam tepung kering, cubit2 lagi dan tekan2 agar tepung benar2 nempel pada ayamnya, lalu goreng dengan minyak goreng yg panas dan minyaknya harus agak banyak agar matang sempurna.

    BalasHapus
  3. Mbak, sprtinya mbak kurang suka dgn pnggunaan msg, saya juga sbenarnya g suka, tpi kl msih pke kaldu ayam yg blok2an gt bkanx msih ttep ad msg ny y mbak? Biasanya kaldu ayam gt ska pke msg mbak. . Cm ingn tw, kl ad yg berbeda dgn msg yg biasa saya akan coba pake kaldu ayam saja. Mksih mbak. .

    BalasHapus