Senin, 24 Februari 2014

Semur Ayam



Bismillah...

Masakan ayam selalu menjadi kesukaan anak2 di rumah, apalagi jika dimasak semur dengan rasa yang agak manis dan berkecap agak banyak. Resepnya standar saja yaa...seperti resep semur ayam pada umumnya. Cukup mudah memasaknya, dengan bumbu2 yang sederhana juga...namun rasanya sangat istimewa bagi anak2 saya. Pastinya dong...kan yang masak ibunya sendiri, bukan beli di warung tetangga. He he hee...

Saya punya tips spesial agar masakan semur ayam memiliki citarasa yang lezat dan legit manisnya tak terlupakan oleh lidah, hanya sederhana koq...apa sih kira2 tipsnya? Akan segera saya buka rahasia kelezatannya. Yuk mari kita simak resepnya di bawah ini:


Semur Ayam
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam, potong sesuai selera
1 sdm air jeruk lemon/jeruk nipis
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk purut
2 buah tomat potong dadu
5 cm lengkuas digeprek
2 butir bunga cengkeh
3 cm batang kayu manis
3-5 sdm kecap manis (sesuai selera)
1 sdm air asam jawa
garam secukupnya
gula pasir/gula merah secukupnya
500 ml air kelapa
2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus:
7 siung bawang merah
5 siung bawang putih
5 butir kemiri sangrai
1 sdt merica
1/2 sdt pala bubuk




Cara Memasak:
1. Campur ayam potong yang sudah bersih dengan air jeruk lemon/jeruk nipis, aduk rata dan diamkan selama 15 menit. Cuci kembali agar terbebas dari sisa lemak ayam hingga bersih.
2. Tumis bumbu halus dengan minyak goreng panas, tambahkan daun salam, daun jeruk purut dan jahe, masak sampai matang dan harum.
3. Masukkan potongan ayam,tomat potong, kayu manis dan cengkeh. Tumis sampai ayam bercampur dengan bumbu halus dan berubah warna.
4. Masukkan air kelapa hingga ayam terendam, tambahkan air asam jawa, gula pasir/gula merah, kecap manis dan garam.
5. Masak hingga ayam empuk berwarna coklat, agak nyemek2 kuahnya bercampur bumbu.
6. Hidangkan dengan taburan bawang goreng.


# Note:
Menurut pengamalan saya selama ini penggunaan air kelapa akan membuat sayur semur ayam lebih terasa lezat dan nikmat. Beda banget rasanya jika dibandingkan dengan hanya menggunakan air putih biasa, yang pasti inilah keistimewaan dari sayur semur ayam ala saya. Dan jika dirumah tidak ada persediaan air kelapa bisa menggantinya dengan soft drink coca cola, untuk satu resep diatas gunakan coca cola sebanyak 250 ml dan air putih secukupnya. Tapi kalau tidak berkenan dengan air coca cola ya silahkaan menggunakan air putih saja...its okk, tetap enak koq semur ayamnya. Ini sekedar ide dan saran dari saya...setiap orang boleh memilih caranya sendiri dalam memasak sesuai pengalamannya masing2.


Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar