Kamis, 20 Februari 2014

ROLADE TAHU



Bismillah...

Sedang banyak stok tahu di kulkas, nah...kalau sudah seperti ini biasanya saya suka bikin nugget tahu...kadang juga dibikin pepes tahu, skutel tahu dan macam2 lainnya agar tidak bosan, karena jika hanya disajikan dalam bentuk tahu goreng...pasti tak akan tersentuh. Yang jelas anak2 saya lebih suka makan tahu yang sudah dalam bentuk olahan, memang agak repot sedikit untuk urusan tahu ini, he he hee... 

Tak apa2 lah, memang tugas saya sebagai ibunya yang harus rela bersibuk ria menyajikan menu kesukaan mereka. Ketimbang menu asal2an dan tidak menarik, sama2 capek dan riwehnya di dapur. Jadinya sedih juga kan...kalau tidak kemakan.

Membuat rolade tahu ini mudah banget, campur2 semua bahan jadi satu lalu di kukus dan digoreng. Simpel dan cepat memasaknya, untuk rasa ditanggung pada suka. Masakan ibu kan memang paling lezat bagi putra putrinya, yakin deh...
Yuk langsung saja menuju resepnya dibawah ini...


Rolade Tahu
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr tahu putih, haluskan
1 buah wortel, serut atau parut pakai parutan keju
2 butir telur, kocok lepas
1 sdt minyak wijen
1 batang daun bawang iris halus
1 batang daun seledri iris halus
4-6 lembar kulit lumpia/frozen spring roll
1 sdt garam (secukupnya)
2 sdt gula pasir (sesui selera)
beberapa potong crab stick/surimi stick
Kalau gak ada crab stick bisa gunakan sosis, wortel kukus, telur puyuh rebus, nugget stick goreng, sesuai selera.

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica butiran (merica halus juga boleh)
1/2 sdt pala (gak pakai juga boleh)
1 sdm udang ebi, rendam air panas




Cara Membuat:
1. Campur dalam satu wadah: tahu halus, bumbu halus, daun bawang, daun seledri, wortel serut, telur kocok, minyak wijen, garam dan gula pasir. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Koreksi rasanya sudah pas apa belum.
2. Siapkan aluminium foil atau plastik, olesi permukaannya dengan minyak goreng agar tidak lengket. Kemudian letakkan selembar kulit lumpia/spring roll diatas aluminium foil/plastik, beri adonan secara merata diatas kulit lumpia/spring roll. Letakkan crab stick berjajar di pinggir kulit lumpia/spring roll, lalu gulung perlahan hingga membentuk rolade, padatkan, ikat ujung2nya dengan tali atau karet. Kukus selama 20-30 menit dengan api sedang.
3. Setelah matang dan dingin, goreng rolade tahu hingga kuning kecoklatan. Potong2 sesuai selera, sajikan hangat bersama sambel botol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar