Minggu, 02 Februari 2014

Bolu Kukus Ubi Ungu Lapis Keju

Bismillah...

Tidak terasa waktu bergulir terus, Januari sudah berakhir...
Dan langkah2 kaki ini sudah menapak di awal bulan Februari, sungguh begitu cepat memang waktu ini berlalu...
Alhamdulillah, jika kita bisa mengelola waktu yang hanya 24 jam dalam satu hari dengan sesuatu hal yang bermanfaat. Apapun itu bentuk kemanfaatannya...mudah2an selalu dalam ridho dan keberkahan Illahi Robb, aamiin...

Hari ini, 2 februari 2014...
Dan ketika itu...2 Februari 2009 untuk pertama kalinya saya mewarnai blog ini dengan ^^Seuntai Catatan^^awal perjalanan saya dan keluarga hijrah di negeri sumber minyak (Kuwait).

Lima tahun sudah "Dapur Griya Khayangan"...
Masih banyak kekurangan disana dan disini mengenai catatan keseharian dapur maya saya ini, dan masih sangat jauh dari kesempurnaan.
Meski begitu saya harus tetap optimis mudah2an hasil karya sederhana saya ini memberi arti dan manfaat kebaikan bagi diri saya sendiri dan keluarga dekat saya, sahabat2 saya, serta siapapun teman2 yang sempat singgah dan mampir di blog masak saya, InsaAllah...

-----ItaMikdar|2014-----




Ungkapan rasa bahagia dan tanda ucap syukur atas semua ini...
Saya ingin berbagi satu resep dari hasil uji coba dan eksekusi kue2 ber-bahan umbi2an beberapa bulan yang lalu, dan tentu karena saya tidak ingin asal tulis resep. Setelah melewati masa uji beberapa kali...akhirnya saya berani untuk menuangkan resep cake ini di food blog saya.

Cake atau bolu kukus dengan tambahan ubi ungu...selain memberikan tampilan warna cake yang cantik juga karena ubi ungu mempunyai karakter mampu membuat tekstur bolu kukus jadi lebih lembut dan lembab (moist cake). Disisi lain ternyata kandungan beta karoten ubi ungu (pigmen warna ungu) itu sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh kita. Mempunyai peran sebagai antioksidan yang mampu menyerap racun di dalam tubuh, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh(antibody) kita. Juga berfungsi sebagai penghambat proses penggumpalan sel2 darah merah. Selengkapnya tentang manfaat dan khasiat ubi ungu bisa dibaca2 lewat Om Google.

Yuk mari kita memberdayakan dan mengkonsumsi umbi2an yang berwarna, karena nilai gizinya yang cukup berlimpah dan nilai kesehatan yang sangat bermanfaat...




Bolu Kukus Ubi Ungu Lapis Keju
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
Bahan A:
4 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdt SP

Bahan B:
120 gr tepung terigu
1/2 sdt Baking Powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
===> Campur semua bahan diatas hingga rata.

Bahan C:
150 gram ubi ungu kukus halus
50 ml susu cair
===> Campur semua bahan diatas dan blender/aduk hingga rata dan halus

Bahan D:
100 ml minyak goreng
5 tetes pewarna makanan ungu (secukupnya)


Cara Membuat:

1. Kocok dengan mixer bahan A hingga mengembang kental dan putih, bila baling2 mixer diangkat adonan agak susah jatuh (jatuh dengan pelan sekali).

2. Tuangkan bahan B sedikit demi sedikit kedalam adonan A bergantian dengan bahan C, tetap gunakan mixer kecepatan rendah untuk mencampurnya hingga semua bahan B dan C masuk kedalam adonan A.

3. Terakhir masukkan minyak goreng dan pewarna makanan ungu, mixer dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur merata.

4. Bagi adonan bolu menjadi dua bagian yang sama beratnya.Tuangkan setengah bagian adonan kedalam loyang loaf ukuran 24x10x7 cm atau loyang kotak ukuran 20x20x7 cm yang sudah dioles dasarnya dengan margarin dan dialasi kertas roti. Kukus selama 15 menit.

6. Setelah lapisan pertama matang, taburi bagian atas bolu dengan keju parut secara merata, kukus lagi selama 5 menit.

7. Tuangkan kembali setengah bagian adonan bolu, kukus hingga matang selama 20 menit. Keluarkan dari klakat/pengukus, dinginkan. Potong sesuai selera dan sajikan.

Selamat Mencoba...

6 komentar:

  1. Saya kurang suka bolu kukus, tp melihat cantiknya potongan kue ungu ini, jadi ingin mencoba resepnya agar tau rasa aslinya deh...

    Salam jauh dr Indonesia sbg sesama Pecinta Ungu :-)

    BalasHapus
  2. Salam kenal mb Ndaru...senang berkenalan, selamat mencoba resep saya ini...mudah2an suka dengan hasilnya jika sudah praktek...

    BalasHapus
  3. Aaaaah aku udh coba. Lembut bgt
    Cantik warnanya. Tp ada yg bkin s
    dikukus ngembang, eh pas keluar
    Aku jg pake loyang bulat sih yg dia
    karena aku over mix atau kurang b
    atau gmn ya kira2?

    Addini

    BalasHapus
  4. Aaaaah aku udh coba. Lembut bgt
    Cantik warnanya. Tp ada yg bkin kecewa nih. Pas dikukus ngembang, eh pas keluar kukusan jd bantet. Huhuhu
    Aku jg pake loyang bulat sih yg diameter 25cm. Apa karena aku over mix atau kurang baking powder atau knpa ya mba?

    Addini

    BalasHapus
  5. Iyaaa nih sm aq jg pas ngocok tuh bgus bgt ngembang, pas seblum diangkat jg ngembang, qo pas dikeluarin bantat.. Knpa yaa?? Pdhl bahan n langkah udh persis..

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus