Minggu, 29 Juli 2012

NASTAR KLASIK



Kue kering nastar selalu ada di saat lebaran Idul Fitri, tak ketinggalan deeh...serasa belum lebaran jika tak ada kue kering ini juga kue kering lainnya. Resep kuker nastar ini sudah saya pakai sejak lama...resep aslinya sudah lupa entah dari mana, saking banyaknya ngumpulin resep, karena ini juga sudah hasil berkali-kali utak atik dan saya modifikasi.

NASTAR KLASIK
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan selai :
500 gr nanas parut,
250 gr gula pasir
selembar daun pandan
sebatang kayu manis
2 butir cengkeh
1 sdt air jeruk nipis*
sejumput garam.

*Fungsi air jeruk nipis ini agar selai nanas tetap berwarna kuning keemasan setelah matang (tidak kecoklatan), tips ini saya dapat dari almarhumah ibu tercinta.

Cara Membuat :
1. Parut nanas..atau blender kalo males marut, lalu rebus dipanci anti lengket sampai airnya menyusut, masukkan gula dan bahan2 lainnya.
2. Aduk2 sampai kalis dan airnya mengering...angkat, dinginkan.

Bahan Kulit Nastar :
150 gr margarin
50 gr mentega/butter
50 gr keju cheddar parut
50 gr gula halus
2 butir kuning telur
250 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
20 gr susu bubuk

Bahan Olesan:
-2 kuning telur kocok lepas
-1 sdm susu cair tawar
-1/2 sdt madu
(sedikit saja untuk memunculkan warna golden brown, gak pakai juga gak masalah)




Cara Membuat:
1. Kocok mentega, margarin, gula dg garpu/mikser asal tercampur rata...jangan sampai mengembang ( kurang lebih 1/2 menit ), masukkan kuning telur...kocok lagi perlahan sampai tercampur rata.
2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena , susu bubuk dan keju parut...aduk rata dengan spatula, diamkan sebentar dan tutup dengan serbet agar adonan tidak mengering.
3.  Ambil adonan sejumput dan isi dengan selai nanas yang sudah dibentuk bulat kecil..bulatkan, lakukan sampai habis.
4. Oven dg suhu 160' C selama 15 menit...keluarkan lalu oles dengan campuran kuning telur (boleh 2 kali oles agar lebih kuning), jika suka boleh ditaburi keju cheddar parut diatas kue, masukkan lagi ke dalam oven matangkan kurang lebih 15 menit, jika sudah kuning kecoklatan...keluarkan dari oven, dinginkan...lalu simpan di dalam toples.

4 komentar:

  1. Nastarnya cantik ya mbak,pastinya enak ya. Saya jg bny ngumpulin resep nastar, sebagian sdh ad yg dicoba. Klu nastar resep mba ini jenis tekstur yg gimana ya mba?.. renyah dan ngeprul ?.. atau lembut moist empuk gitu?.. saya lg cari resep nastar yg tdk renyah ni..pengen sdkt padat namun lembut empuk gitu.

    Trima kasih sbelumnya, by alma.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak alma, apa kabar...
      Jenis nastar ini tdk terlalu renyah dan tdk terlalu ngeprul, kategorinya jenis nastar lembut dan empuk, sedikit renyahnya saat masih baru matang. kalau sudah dingin dan menginap lembut dan moist, ngeprul juga tapi tidak sampai mudah hancur gitu.
      dicoba saja...mudah2an cocok dan sesuai yg diharapkan.

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum mbak sy Aliya dari malaysia sy sudah cuba resep kuih dari mbak enak banget dan senang juga buatnya. Tq karena sudi kongsi kan resep2 nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mb nuraliya...sudah cobain resep2 saya...
      Salam ukhuwah...

      Hapus