Selasa, 14 Agustus 2012

Rainbow Puding



Sekarang ini didunia kuliner sedang ramai dan trend dengan yang rainbow-rainbow, yang paling heboh adalah Rainbow Cake. Cuma saja saya kurang berminat bikin rainbow cake...agak ruwet alias ribed membuatnya, musti satu persatu ngoven cakenya, selembar demi selembar...dan sepertinya butuh waktu yang gak sebentar. Makanya saya mencoba buat puding ini...inspirasinya juga dari cake pelangi tersebut.

Dalam resep ini saya menggunakan susu cair (susu kental manis) dan santan...kombinasi keduanya akan memberi sensasi rasa manis gurih dan legit yang membelai lidah serta tidak eneg. Resep Rainbow Puding inipun saya buat berdasar feeling saja...mengira-ngira dulu cetakan/loyang apa yang musti digunakan.Akhirnya setelah memilih loyang kotak berukuran tersebut diatas, dan mengukur jumlah air yang musti diperlukan..berapa jumlah agar-agar yang harus dipakai, dan seterusnya...maka jadilah Puding Pelangi yang menurut saya sangat enak dan pas rasanya. Dan di bawah ini saya tampilkan resepnya...semoga memberi manfaat dan menjadi inspirasi. Selamat mencobai...




Rainbow Puding
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
4 bungkus agar-agar plain (putih)
2,5 liter air (2500 ml)
1 kaleng susu kental manis putih
1 kotak santan kara 200 ml
250 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdt vanili bubuk
6 macam pewarna (merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu)
===> Saya menggunakan pewarna food grade merek "Rajawali" yg sudah bersertifikat halal.

Alat Pencetak Puding:
1 buah loyang kotak ukuran 22 cm x 22 cm x 7 cm

Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan (kecuali pewarna) kedalam panci, aduk hingga tercampur rata.
2. Masak bahan puding dengan api sedang, selama memasak jangan berhenti mengaduk-aduk hingga mendidih. Bagi cairan puding menjadi 6 bagian, masing-masing  kurang lebih 500 ml, beri warna "mejikuhibiu"
3. Siapkan cetakan/loyang puding yang sudah dibasahi dengan air matang, lalu tuangkan warna merah sebagai lapisan paling bawah, diamkan hingga setengah beku dan jika disentuh lapisan atasnya tidak menempel dijari, tuangkan kembali warna selanjutnya, begitu seterusnya hingga selesai.
4. Kemudian dinginkan lebih dahulu di suhu ruang, baru setelah benar-benar dingin masukkan kedalam kulkas agar puding lebih terasa segar saat dihidangkan.
5. Potong puding sesuai selera.

#Tips:
Agar lapisan puding cepat membeku saat proses pelapisan, letakkan loyang kotak puding diatas loyang kotak yang lebih lebar...isi dengan air dan beri potongan kecil-kecil es batu. Dengan cara tersebut lapisan demi lapisan akan segera membeku, sehingga proses pelapisan lebih cepat selesai.

1 komentar: