Rabu, 19 Maret 2014

Mie Goreng Jawa



Bismillah...

Siang kemaren masak yang cukup praktis aja...bakmi goreng ala kampung halaman, bakmine wong njowo...Resepnya gampang dan sederhana sekali. Menu ini kesukaan kami...waktu masih tinggal bersama ayah ibu di kampung tercinta.

Apalagi kalau masaknya pakai arang kayu yang dibarakan diatas anglo, wis deh...pokoknya dijamin rasanya sangat istimewa, aroma masakan mie berbaur satu dengan wangi asap arang menyatu jadi sajian yang menggugah selera.

Yang pasti kalau membuat mie goreng jawa ini saya selalu membuat dulu gorengan cap jae atau kekian tapi bukan dari bahan daging udang/ayam, tapi hanya dari tepung dan bahan2 sederhana lainnya. Kadang ada juga menyebutnya dengan nama gembukan atau embuk2...lucu yaa, kenapa embuk2...mungkin karena teksturnya yang gembuk2/empuk dan kenyal, jadinya disebut dengan gembukan. Inilah mie goreng jawa yang membuat beda dengan masakan mie goreng dari daerah2 lain, sangat khas sekali terutama daerah jawa tengah dan jawa timur bagian barat yang dekat2 dengan jawa tengah.


Mie Goreng Jawa
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Cap Jae Goreng/Gembukan/Kekian Palsu:
100 gr tepung terigu
2 butir telur kocok lepas
air putih secukupnya (kurang lebih 100 ml)

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdm udang ebi rendam air panas
1/4 sdt lada
1/4 sdt garam

Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu dalam mangkok, tuangkan kocokan telur, dan bumbu halus, aduk rata dan tambahkan air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kental dan licin.
2. Goreng sesendok demi sesendok hingga matang kekuningan, angkat. Dinginkan lalu potong2 sesuai selera bisa kecil2 atau besar2.

Bahan Mie Goreng:
2 bungkus mie instan rebus, tiriskan
daging ayam rebus secukupnya, suwir2/potong2 kecil
2 sdm kecap manis (sesuai selera)
5 lembar daun kol potong2
seikat kecil daun sawi, potong2
1 batang daun seledri iris halus
1 batang daun bawang iris kecil2
1 buah tomat, potong2
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt gula (sesuai selera)
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
3 butir kemiri sangrai
1 sdm udang ebi direndam hingga empuk
1 sdt lada

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, tambahkan sedikit air panas (100 ml), masukkan ayam suwir, daun kol, daun sawi, aduk rata. Masak hingga sayuran layu.
3. Masukkan mie, gorengan tepung/cap jae, tomat, daun seledri, daun bawang...aduk rata. Tambahkan kecap manis, garam dan gula pasir. Aduk2 hingga rata dan matang.
4. Rasakan sudah sesuai selera lidah belum...jika sudah, segera angkat lalu sajikan hangat2 dengan taburan bawang merah goreng dan acar mentimun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar