Minggu, 23 Maret 2014

Lontong Tahu Bumbu Kecap



Bismillah...

Menu ini sangat istimewa walaupun sebenarnya hanya sajian yang bersahaja, tetapi bagi saya sangat menyelerakan sekali. Dan kenapa istimewa...karena menu lontong tahu ini sangat memngingatkan saya saat dulu masih kuliah dan ngekost di Jl. Kerto Rahayu dekat kampus saya di Malang. Di tempat kost saya ada ibu sepuh yang bertugas memasak untuk anak2 kostnya, dan karena saya suka sekali menu lontong tahu...hampir seminggu bisa dua kali setiap pagi saya dimasakinnya. Sehingga semua teman2 kost juga ikut menyukai menu lontong tahu ini...dan pada akhirnya lontong tahu jadi andalan sarapan pagi yang ditunggu2...menu spesial bagi anak2 kost.  He he hee...masih terbayang jelas saat berebutan ambil gorengan tahu, maklum kan jatahnya satu anak hanya 2 buah, kalau ada sisa langsung deh...pada buruan ambil.

Lontong tahu ini juga menu favorit almarhum ayah saya, almarhumah ibu juga sering memasakkan menu ini untuk kami sekeluarga. Tapi biasanya tidak pakai lontong kalau dirumah, makannya pakai nasi putih biasa yang masih hangat. Dan tahunya pun terkadang hanya di goreng biasa saja, tidak dibuat gorengan seperti bakwan gitu, biar praktis dan cepat saji cukup digoreng setengah matang dan dipotong2. Menu sederhana tatapi memang sangat tidak pernah lekang oleh waktu...akan abadi sepanjang masa buat kami sebagai sajian kenangan. Nikmat, sehat...walaupun hanya dari bahan sederhana, yum yum deh...


Lontong Tahu Bumbu Kecap
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Gorengan Tahu/Bakwan Tahu
6 buah tahu sedang potong kotak/dadu kecil
1 batang daun bawang iris halus
1 batang daun seledri iris halus
100 gr tepung terigu
1 butir telur kocok lepas
air putih secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1/2 sdt lada
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
---> Semua bahan diuleg dengan cobek hingga halus

Cara Membuat Gorengan Tahu/Bakwan Tahu:
1. Masukkan bumbu halus ke dalam mangkok, beri tepung terigu, daun bawang, daun seledri, aduk rata. Tuangi telur kocok dan air putih secukupnya, aduk hingga tercampur rata dan cukup kental.
2. Masukkan tahu yang sudah di potong dadu, aduk pelan2 agar tahu tidak hancur. Goreng sesendok2 adonan tahu dalam minyak goreng yang sudah panas hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Bahan Sambal Kecap:
5 sendok kecap manis
2 sdm kacang tanah goreng
3 siung bawang putih
1/4 sdt garam
1 sdm gula merah sisir
3 biji cabe rawit merah
1 sdm petis udang (jika suka)
air putih hangat/matang secukupnya

Cara membuat Sambal Kecap:
1. Haluskan kacang tanah, bawang putih, cabe rawit, garam, dan gula merah dengan cobek hingga cukup halus (agak kasar2 juga gak masalah), lalu tambahkan petis udah. Haluskan dan campur hingga rata.
2. Pindahkan bumbu kacang kedalam mangkok, masukkan kecap manis dan tambahkan air putih hangat secukupnya. Aduk hingga tercampur rata.

Bahan Sayuran dan Pelengkap Lontong Tahu:
Tauge kacang hijau rebus secukupnya
Kol iris kasar rebus secukupnya
Lontong/Ketupat secukupnya
Bawang merah goreng
Daun selederi cincang halus
Acar Ketimun
Kerupuk

Cara Penyajian:
1. Potong2 lontong diatas piring, beri gorengan tahu diatasnya, tauge dan kol.
2. Siram dengan sambal kecap, taburi bawang merah goreng dan daun seledri cincang halus.
3. Sajikan bersama acar ketimun dan kerupuk.


Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar