Rabu, 24 September 2014

Nugget Kentang



Bismillah...

Ini Nugget Kentang buat bekel sekolah anak saya, bikinnya sengaja digedein dan tebel...biar yg ngemil kenyang, biar juga gak njajan lagi di kantin sekolah, he he hee...

Biasanya saya suka sisipkan sayuran didalam nugget kentang ini, tapi karena lagi pingin rasa nugget kentang yang plain saja, maka gak saya tambahin sayur mayur.

Kalau ingin tambah sayur, sebaiknya sayurnya sudah dikukus lebih dulu, supaya nanti sayur2an didalam adonan kentang lebih lembut dan nyambung rasanya dengan kelembutan dari tekstur kentangnya.

Untuk sayurnya bisa menggunakan wortel, brokoli, dan jagung manis pipil serta kacang polong. Dijamin makin ciamik rasanya, bisa juga kalau suka ditambah bumbu2 rempah lain seperti misalkan bubuk kari atau rempah daun misalnya oregano. Boleh juga diberi tambahan bumbu bawang putih dan bawang bombay cincang yang ditumis dulu jika ingin lebih kaya dengan citarasa dalam nugget ini.

Selamat berkreasi...
Ini hanya resep simple nugget kentang ala dapur imut saya...semoga memberi manfaat.


POTATO NUGGET
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
750 gr kentang kukus, selagi panas kupas lalu haluskan.
1 sdm margarin/mentega
100 gr keju cheddar parut (kurang lebih setengah pack)
2 sdm tepung maizena
2 sdm susu bubuk
sedikit lada bubuk (boleh gak pakai)
sedikit garam halus (bila perlu, karena kejunya sudah asin )
1 butir telur kocok lepas

 * 50 gr tepung terigu + 1 sdm susu bubuk, aduk rata. Campuran tepung ini digunakan untuk membalur nugget.

 * 50 gr tepung terigu + air secukupnya, aduk hingga rata dan cukup kentalnya. Lalu tambah 1 butir telur, kocok dan aduk hingga tercampur rata. Adonan ini digunakan untuk pencelup nugget.

 * Tepung roti kasar (panko kuning) secukupnya.

 Cara Membuat:
1. Kupas kentang kukus, dan saat masih panas haluskan kentang kukus, lalu tambahkan margarin. Aduk dan campur hingga rata.
2. Masukkan keju parut, tepung maizena, lada bubuk dan garam. Aduk dan campur hingga rata.
3. Masukkan telur kocok, aduk kembali hingga tercampur rata.
4. Siapkan cetakan plastik tahan panas yg sudah dioles minyak agar tidak lengket. Tuangkan adonan kentang ke dalam cetakan, lalu kukus hingga matang kurang kebih 15 menit. Keluarkan dari kukusan, dinginkan. Atau simpan dulu dalam kulkas sebentar (1 jam) agar lebih padat.
5. Potong2 ukuran sesuai selera, baluri dengan campuran tepung pembalur. Celupkan ke larutan pencelup, lalu gulirkan ke tepung roti/panir. Lakukan hingga semua selesai dipanir. Masukkan nugget dalam wadah kedap udara, lalu simpan dalam kulkas hingga beku, baru kemudian siap untuk digoreng.

Selamat Mencoba...semoga berkenan dengan resep ini.

5 komentar:

  1. Mb mau tanya, adonan yang sudah dicampur keju & maizena kenapa harus dikukus lagi ? misalnya tidak dikukus langsung dibalur tepung digoreng hasilnya akan sama gak ?
    makasih ya jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ada telurnya sebagai pengikat adonan supaya memadat dan tidak buyar, makanya dikukus sebentar...tentu ada bedanya jika tidak dikukus dulu.

      Hapus
  2. makasih utk resep nya...anak suami sukaaa..

    BalasHapus
  3. wiiiih kaya nya enak bingit tuh chef boleh nyobain ga ? hehe

    BalasHapus