Rabu, 24 September 2014

Jamu Beras Kencur



Bismillah...

Jamu beras kencur ini minuman favorit saya dari sejak saya masih kecil, terkadang almarhumah ibu suka bikin sendiri. Kalau jamu buatan sendiri dijamin lebih terasa mantab...tidak terasa hambar, karena bahan2 yang kita gunakan tidak pelit bumbu, seperti kalau buat jualan. Dan pastinya lebih terjamin dari segi higienisnya.

Monggo ngunjuk jamu beras kencur...bikin badan fresh dan menambah nafsu makan...buatnya bisa dibanyakin dan disimpan di kulkas bisa untuk stok minuman segar dan sehat.

Buat sahabat2 saya...bila ingin mencoba membuat jamu beras kencur yg seger sumyah ini, saya tulis resepnya, sangat mudah dan cepat bikinnya...dijamin berhasil semua, anti gagal 

Jamu Beras Kencur
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan


Bahan 1:
100 gr kencur cuci hingga bersih
20 gr jahe cuci hingga bersih
20 gr kunyit cuci hingga bersih
3 sdm beras putih, rendam 6 jam dg air, tiriskan
750 ml air hangat (air matang yaa...setelah direbus biarkan menghangat)

Bahan 2:
200 gr gula merah
3 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan
20 gr asam jawa
250 ml air putih

Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan 1. kedalam blender, tuangi air hangat 250 ml, lalu giling dg blender sampai halus. Saring menggunakan penyaring yg halus.
2. Blender lagi ampasnya hingga dua kali memblender, masing2 dg menambahkan 250 ml air hangat. Jadi nanti hasil air jamu sebanyak kurang lebih menjadi 1 liter.
3. Rebus semua bahan 2. hingga gula larut dan mendidih. Setelah itu saring larutan gula dengan penyaring yg halus.
4. Campur larutan gula ke dalam air jamu beras kencur, aduk hingga rata. Masukkan ke dalam botol kaca atau botol plastik, bisa disajikan hangat2 atau dalam keadaan dingin setelah disimpan di dalam kulkas.

# Note:
Jika kurang manis, saat ingin minum boleh ditambah madu, jika kurang asem bisa dikucurin sedikit air jeruk nipis...(ini cara saya agar jamu ini makin terasa segar dan nikmat saat diminum).

3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum mba..salam kenal ya..saya lagi cari cara buat jamu beras kencur..alhamdulillah nemu di sini..jzkillah sdh berbagi mba..insyaallah saya akan coba..karena lbh suka yg d buat sendiri..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah.. Ketemu resep jamu yg di cari selama ini:) makasiih ya mbak.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus