Rabu, 11 Februari 2009

Mie Telur Homemade



Kemaren seharian ngegiling mie warna warni alami dr sari sayuran...stok buat bikin mie ayam sehat, dan siap masuk refrigator. Warna hijau bisa diambil dari sari sayur bayam atau sayur sawi, nah..yang mie warna kuning di buat dr sari wortel...tanpa pewarna buatan sama sekali. Andai ada yang ingin buat mie kayak gini, silahkan simak resep di bawah ini, semoga menyukai...


MIE TELUR WARNA WARNI
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Pewarna alami:
200 gr sayur bayam/sawi potong-potong blender dgn 50 cc air, saring..
200 gr batang wortel iris-iris kecil blender dgn 50 cc air, saring...

Bahan Mie:
250 gr tepung terigu serbaguna
50 gr tepung tapioka
1 butir telur
1/2 sdt garam
5-6 sdm (50 ml) air putih jika ingin mie warna putih atau
5-6 sdm (50 ml) air sari sayur bayam/sawi ( saya pakai sawi ) jika ingin mie hijau. atau
5-6 sdm (50 ml) air sari sayur wortel jika ingin warna kuning orange

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan mie...uleni sampai bergumpal, diamkan kurang lebih 15 menit. tutup dengan lap bersih agar adonan mie tidak kering.
2. Giling dengan alat giling mie...dari ukuran yg besar no 1..no 2, dan terakhir no 3 masing2 dua kali giling, sambil ditaburi permukaan adonan yg digiling dengan tepung terigu agar tidak lengket di tangan dan saling menempel.
3. Masukkan ke pemotong mie..giling perlahan, taburi dengan tepung terigu agar tidak saling menempel.
4. Rebus di air yg mendidih yang dituangi minyak goreng, sebentar saja..kurang lebih 3 menit, angkat lalu tiriskan dan dinginkan.
5.  Siap digunakan untuk menu kesukaan.

#Note:
1. Jika ingin menyimpan didalam freezer, mie harus dalam keadaan mentah dan taburi seluruh permukaannya dengan tepung terigu, agar tidak saling menempel dan bungkus dalam kantung plastik dengan berat kira-kira untuk sekali masak.
2. Jika ingin menyimpan di chiller/kulkas, boleh sudah dalam keadaan direbus...beri minyak goreng dan ratakan keseluruh permukaan mie telur agar tidak saling lengket, lalu bungkus dalam plastik dengan berat kira-kira untuk sekali masak.
3. Untuk mie telur dari sari sayuran wortel, memang hasil mie telurnya kurang begitu orange seperti buah wortel asli, tapi karena saya tidak ingin menambah bahan pewarna buatan...ya begitu deh, warnanya kurang menyala, hanya kuning tua saja. Jadi kalau memang ingin lebih bagus warnanya dan menarik...boleh ditambahkan pewarna sesuai warna sayurannya, asal dalam batas yang wajar tidak berlebihan.

Silakan mencoba, sukses selalu yaa... :)

1 komentar:

  1. wahh,, enaknya.. kalo kaka jual mienya juga ngak yang udah jadi.. dr pada sya repot2 bikin hehehe...

    BalasHapus