Sabtu, 07 Februari 2009

Ragi Tempe Buatanku



Mau coba bikin tempe sendiri...pasti harus punya raginya. Sudah jelas disini kemungkinan kecil dapat ragi tempe, bawa dari Indonesia harusnya ya...tapi belum kepikir sejauh itu. Sepanjang hidup baru kali ini punya keinginan membuat tempe, tapi nggak apalah nggak ada yang namanya belajar itu telat...terus gimana dong dengan ragi, kayaknya diotak saya sudah mulai ada sinyal2 yang mengajak mencari solusi. Cari wangsit dulu aah...(ngantuk berat, tidur dulu aja...).

Alhamdulillah, saya punya ide yang kayaknya bisa diandalkan, belajar dari pengalaman ketika masih kuliah dulu (he he...soalnya dulu seringnya berkutat di lab bio jadi pembantunya pak dosen). Ayo kita mulai praktikum...insa allah berhasil.


Cara Membuat Ragi Tempe:
1. Sediakan sepotong tempe yang masih dalam kondisi bagus dan berbau segar, tidak dalam keadaan membusuk.
2. Potong2 tempe menjadi bagian2 yang lebih kecil, seperti layaknya kita mau bikin kering tempe.
3. Kemudian sebarkan diatas nampan tipis2 jangan terlalu tebal, tutup dengan plastik wrap dan beri lubang2 menggunakan jarum agar ada sirkulasi udara.
4. Letakkan ditempat yang memiliki sirkulasi udara yang bagus dengan kondisi suhu ruangan yang normal. Diamkan dan tinggalkan untuk melakukan aktifitas lain...sekali2 boleh diintip2...siapa tahu cepet jamurannya...yang pasti akan keluar keringat yang nempel di plastik, berarti sedang terjadi proses fermentasi.
5. Kira2 setelah 2 hari akan tumbuh jamur yang memutih seperti kapas, segera buka plastiknya kemudian cincang hingga halus menyerupai butiran2 kecil.
6. Taburkan kembali di atas nampan secara tipis2, biarkan mengering alami tanpa harus dijemur di bawah terik matahari.
7. Setelah butiran2 tempe tersebut mengering dan keras proses dengan blender hingga halus seperti tepung, masukkan ke dalam toples kaca dan beri label tanggal pembuatan ragi.
Kayaknya sudah bisa dipakai untuk membuat tempe deh...coba aja, kalo gagal kesalahan bukan dariku lho.. :)


Inilah hasil tempe yang saya buat dengan menggunakan ragi made from my little kitchen..Alhamdulillah tempenya selalu jadi.

5 komentar:

  1. salam kenal
    minta izin mencoba hasil penemuannya nih:)
    kebetulan suami vegetarian sejati sehingga tahu tempe jadi teman sejati:)

    BalasHapus
  2. salam kenal...
    ragi tempenya bisa disimpan dan tetap bagus sampe brp lama ya?
    terimakasih.

    BalasHapus
  3. Simpan di kulkas aja mbak, biar tahan lama...InsaAllah cukup lama kira2 (3-6 bln)...

    BalasHapus
  4. i know this is a very late post, but this is awesome! saya sudah coba mbak, sekarang baru dalam tahap pengeringan jamur untuk kemudian digiling halus. saya mau tanya, ketika ragi sudah jadi, bagaimana rasio pemakaiannya untuk membuat tempe? apakah sama seperti resep pada umumnya (1/2tsp untuk 500gr kedelai kering)?

    BalasHapus