Jumat, 13 Februari 2009

Siomay Bandung



Siomay ini makanan yang sangat favorit buat semua saja...ada yang nggak suka dengan siomay? Sepertinya gak ada deeh..yang gak suka sama Siomay. Kalau bilang gak suka sama siomay..itu tandanya sedang sakit sariawan, hua ha haa...

Ketika masih di Cilegon hampir tiap minggu saya bikin siomay ini, buatnya agak banyak sekalian buat stok, karena anak2 sangat suka banget dengan menu ini...bahkan mas Nuha kalo makan piringnya sampe mengkilat...bersih nggak bersisa. Aduh mas, jadi keinget sama mas Nuha... sekarang belum bisa ngicipin siomay mama...ntar kalo udah libur dari PPM Gontor bulan ramadhan dipuas2in makan siomay dan ayam bakar kecap ya...

Resep siomay ini telah lekat di hati dan lidah kami, racikan aslinya dari saudara saya yang punya usaha katering/ bisnis masakan di Bandung dan telah saya olah lagi resepnya sehingga menjadi resep siomay andalan buat keluarga di rumah, juga keluarga besar kami di Ponorogo.

SIOMAY BANDUNG 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Siomay:
200 gram daging ikan tenggiri halus
200 gram udang cincang halus
200 gram daging ayam giling
200 gram kobis diiris halus
200 gram tepung tepung tapioka
10 siung bawang putih iris tipis
1 buah bawang bombay cincang halus
1 sdt lada halus
1 sdt garam ( sesuai selera )
1 sdt gula pasir (sesuai selera)
1 sdm minyak wijen
1 batang daun bawang cincang halus
2 butir telur
2 sdm minyak goreng/margarin untuk menumis bumbu.
1 bungkus kulit siomay ( spring roll pastry )





Bahan Sambal Kacang:
250 gram kacang tanah goreng sangrai bersihkan kulit arinya, giling jangan terlalu halus
5 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar
3 buah cabe rawit
1 sdt garam
50 gr gula merah
2 sdm gula pasir
1 sdm air asam
500 ml air putih
3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus


Cara Membuat Siomay:
1. Tumis dengan minyak goreng bawang putih dan bawang bombai sampai kuning dan harum, tuangkan minyak wijen dan minyak ikan segera matikan api kompor. Sisihkan dan biarkan dingin.
2. Siapkan alat Food Processor, masukkan daging ikan tenggiri, daging udang, daging ayam, daun kobis, bumbu yang telah ditumis, garam, gula pasir dan merica halus. Giling dengan mesin FP kurang lebih 5 menit, sampai adonan halus dan licin.
3. Campurkan tepung tapioka sedikit demi sedikit bergantian dengan telur sambil tetap digiling dengan mesin FP lamanya sekitar 10 menit. Hentikan jika sudah kalis dan cicipi sudah pas belum rasanya.
4. Siapkan alat pengukus dan panaskan lebih dulu, kemudian cetak adonan siomay. Ambil kulit siomay, isi 1 sendok makan kemudian letakkan pada cetakan kue talam kecil. Kerjakan hingga selesai, kukus segera.
5. Kalau pengen lengkap, bisa ditambahkan kol/kobis, kentang, pare dan telur rebus. Saya lebih suka pakai wortel, kentang dan kobis yang diisi adonan siomay.




Cara Membuat sambal Siomay:
1. Haluskan bawang putih, cabe merah dan cabe rawit, tumis dengan minyak goreng hingga matang dan mengering.
2. Tuangkan air putih, taburkan garam, gula merah dan gula pasir, masak tunggu hingga air mendidih.
3. Masukkan kacang tanah dan air asam, aduk2 hingga tercampur rata. Tunggu hingga air menyusut dan mengental, ditandai dengan munculnya minyak yang berwarna merah.
4. Rasakan apabila sudah sesuai selera maka matikan api. Siap untuk melengkapi hidangan. "Oh iya ada yang kurang...jangan lupa jeruk limaunya ya, ini menambah cita rasa siomay menjadi lebih *mak jreng*.




Selamat Mencoba...semoga sukses membuat siomay :)

7 komentar:

  1. mb.ita.masakanny mantafff, enak jg. bisa dcoba resepny.

    BalasHapus
  2. Makasih Yanti, udah berkunjung di blog sederhanaku...boleh boleh, dicoba aja..moga cocok dan sesuai selera klg Yanti :)

    BalasHapus
  3. Mba ita beli cetakan siomaynya dimana? Aku baru tau kalo bikin siomay itu jg Άϑά cetakannya..
    Kalo ƍα' punya food processor kira2 bisa ƍα' ya giling dagingnya pake blender.. Terimakasih mba buat infonya..

    BalasHapus
  4. Cetakannya beli di toko bahan kue, pakai cetakan kue talam yg kecil. Bisa pakai blender mbak...tapi ikannya mesti ditambah air dingin/air es...agar ikan bisa halus.

    BalasHapus
  5. mbak itu ga pakai labu siam yang di peras air nya ya? thank you

    BalasHapus
  6. gak mba, saya gak pakai labu siam...pakai daun kol/kobis, fungsinya hampir sama, untuk lebih membuat siomay jadi lembut gak keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kol gak mempengaruhi rasa ya nantinya....

      Hapus