Minggu, 29 April 2012

Lontong Presto



Membuat lontong biar lebih cepat matang, irit tenaga juga waktu,  saya menggunakan panci presto. Hasilnya bagus mulus...seperti jika memasak di panci biasa yang lamanya sekitar 3-4 jam. Memasak lontong dengan panci pressure cooker hanya perlu waktu sebentar...1/2 jam sudah matang. Tentunya ini kalau membuat lontongnya dalam jumlah yang sedikit lho yaa...jika membuat lontongnya agak banyak lebih baik tambah waktu memasaknya sekitar 1 jam. Agar lontong matang sempurna tidak lembek dan tanak (tidak mudak benyek dan basi).

Untuk mengisi beras didalam plastik seperti gambar diatas, saya mengisi berasnya setengah panjang plastik lebih sedikit (lebihkan berasnya kira2 satu ruas jari telunjuk) atau maksimal 3/4 bagian plastik untuk jenis beras yang pulen/lembek. Karena jika mengisi hanya 1/2 bagian plastik biasanya lontong matengnya agak kelembekan. Tapi semua itu tergantung jenis beras yang digunakan untuk membuat lontong. Jangan lupa setelah plastik di isi beras, lubangi seluruh permukaan plastik dengan jarum atau tusuk gigi secara merata, sebagai jalan keluar masuknya air. Saya sarankan jika ingin membuat lontong berpenampilan bagus dan kesat lebih baik menggunakan jenis beras yang panjang butirannya (long grain) atau jenis beras perak (beras yang ambyar/tidak lengket satu sama lain jika dimasak).

Plastik yang digunakan untuk membuat lontong, pilih plastik yang tahan panas dan agak tebal. Agar saat direbus nantinya plastik tidak pecah, akibatnya lontong jadi buyar deh...
Saya lebih suka pakai plastik yang model gulungan, dan kemudian di potong sesuai keinginan panjangnya lontong. Plastik gulungan itu plastik yang sering dipakai buat mengisi jajanan kering2an yang diplastikin kecil2 dan dijual dalam bentuk rentengan itu lhoo...yang suka digantung di warung2 yang jual jajanan. Bisa diapat di toko plastik...ada banyak macam ukurannya, silahkan memilih sesuai selera untuk ukuran plastiknya. Gambar plastik roll/gulungan sudah saya tambahkan di bawah ini:




Oh iya, agar lontongnya setelah matang berpenampilan set dan kesat, padat sintal dan berasa lebih kenyal...bisa ditambahkan air kapur sirih (sekitar 1 sdm) kedalam air rebusan lontong. Boleh juga diberi daun pandan...biar aroma lontongnya harum daun pandan. Semua tergantung selera, gak pakai air kapur dan daun pandan juga oke saja...lontong tetap jadi koq.




Selamat mencoba, waktu adalah sangat berharga...maka janganlah sia-siakan... :)

3 komentar:

  1. Salam. Idea letak nasi dlm plastik itu sgt bernas. Saya tak pernh terfikir. Cara itu memudahkan pemotonganya. Masakan ini seajan masakan malaysia iaitu sate bersama nasi himpit. Pernah dgr tak?

    BalasHapus
  2. Puan Zin, terima kasih sudah singgah di blog saya...senang berkenalan dengan Puan Zin dari Malaysia.
    Iya saya pernah dengar dan baca di google nasi himpit tu semacam lontong yang disiram kuah kacang yaa...

    BalasHapus
  3. saya jual tahu tek bikin lontong pke daun tp klo pke plastik ngaruh gk rasanya kan klo pke daun rasanya enak..hheehe

    BalasHapus