Minggu, 29 April 2012

Ongol-Ongol Singkong (Lapis Singkong)



Semua cemilan pasti enak kalau berbahan singkong, banyak yang suka dan gak membosankan. Apalagi kalau bikin kue ongol-ongol dari singkong ini, gak ada yang gak berselera...pasti langsung jadi lirikan dan rebutan, he hee...

Yuk kita buat kue lapis singkong atau nama kerennya di kampung saya adalah Ongol-Ongol Singkong. Kalau ibu saya almarhumah dulu suka bikin ongol-ongol yang dalamnya dikasih pisang, namanya kalau gak salah kue kacamata. Untuk saat ini saya bikin yang tanpa pisang didalamnya...dibuat berlapis-lapis dengan paduan warna yang menarik, biar terlihat cantik.


ONGOL-ONGOL SINGKONG (Lapis Singkong)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:

Bahan A:
800 gr singkong parut
450 ml air santan kelapa encer (bisa pake santan instan)
1 sachet/bungkus agar-agar plain (putih)
250 gr gula pasir
1/4 sdt garam (secukup rasa)
1 sdt vanili bubuk

Bahan B:
sedikit pewarna ungu
sedikit pewarna merah muda/pink

Bahan C:
200 gr kelapa parut memanjang, beri garam sedikit dan kukus hingga matang




Cara Membuat:
1. Siapkan loyang kotak ukuran 18x18x7 cm, atau loyang bentuk apa saja boleh. Olesi loyang dengan mimyak goreng, lapisi dengan plastik...oles kembali plastiknya dengan minyak goreng. Sisihkan...
2. Campur semua bahan A menjadi satu, aduk-aduk hingga tercampur rata.
3. Bagi adonan singkong menjadi 3 bagian yang sama beratnya. Satu bagian adonan beri sedikit pewarna ungu, satu bagian lagi beri pewarna merah muda/pink, dan satu bagian yang lain biarkan tetap putih tanpa ditambah pewarna.
4. Panaskan kukusan/dandang/langseng hingga benar-benar sudah panas. Masukkan adonan warna ungu kedalam loyang, lalu kukus hingga matang selama 15 menit. Buka kukusan, tuangkan adonan yang berwarna putih diatas adonan warna ungu, kukus kembali selama 15 menit. Buka kukusan lagi, tuangkan adonan warna merah muda/pink dan kukus hingga matang selama 30 menit...agar seluruh lapisan kue matang sempurna. Jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan lap/serbet tebal, agar uap air di dalam kukusan tidak jatuh ke atas kue.
5. Bila sudah matang, tunggu hingga dingin...baru dipotong-potong sesuai selera, dan gulirkan ke atas kelapa parut. Sajikan...sebagai teman minum teh hangat atau ngopi... :)

1 komentar:

  1. ijin copy foto ya kak :)

    aria
    dari idntimes.com

    BalasHapus