Sabtu, 28 April 2012

Pindang Ikan Kembung



Sejak tinggal di rantau, mana pernah bisa makan ikan pindang ala besekan/keranjang bambu yang beli dipasar tradisional ala di kampung. Makanya saya coba buat sendiri aja, lumayan mudah dan hasilnya uwenak...lebih terasa gurihnya, karena sengaja diberi bumbu yang saya ramu sendiri.

Ikan pindang ala saya ini bisa langsung dimakan setelah dikukus, atau dibakar dulu setelah dikukus. Bisa juga dibuatkan larutan tepung berbumbu lalu digoreng...jadi ikan pindang kembung goreng tepung. Pokoknya mau dimasak apa aja suka-suka deeh...atau kalau ingin dibikin pepes ikan pindang juga oke. Kadang saya suka goreng ikan pindangnya, terus ditumis dengan bumbu-bumbu iris plus cabe hijau...hmm, bisa ngabisin nasi sak-wakul. He hee...




PINDANG IKAN KEMBUNG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan kembung  cuci bersih
3 sdm air asam jawa
2 sdt garam (secukup rasa)
1 sdt gula pasir
10 lembar daun salam
daun pisang buat alas mengukus ikan

Bumbu Iris
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar iris serong tipis




 Cara membuat:
1. Tuangkan air asam kedalam ikan kembung, aduk-aduk hingga rata.
2. Masukkan semua bumbu iris, garam dan gula pasir ke dalam ikan kembung, aduk-aduk hingga semua bercampur rata. Diamkan kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.
3. Siapkan alat pengukus/dandang..panaskan, alasi dasar kukusan dengan daun pisang. Letakkan ikan berjejer rapi dan taruh daun salam menyebar rata. Kukus kurang lebih selama 1 jam dengan api sedang.
4. Jika sudah matang, dinginkan. Simpan dengan rapi di kotak/box plastik kedap udara. Masukkan di lemari pendingin...bisa dimasak sewaktu-waktu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar