Sabtu, 28 April 2012

Homemade Ikan Sardines (ala ikan sardin kaleng)



Dari kecil gak suka sama sekali dengan ikan sardin kalengan, karena memang pada dasarnya saya kurang suka makan ikan. Gak tahu kenapa ikan kalengan itu menurut saya baunya sangat tidak menyenangkan, alias bau amis banget. Mungkin karena memasaknya beda cara dengan kalau memasak ikan sendiri di rumah yaa, jadi bau amis itu sangat melekat sekali...susah ilangnya.

Ternyata...anak-anak malah berbalik dengan saya, mereka sangat menyukai ikan sardin kalengan itu. Karena ikan tersebut empuk...duri dan tulangnya bisa dimakan, karena ikan sardin dimasaknya dengan metode pressure cooker.

Akhirnya sejak itu saya berusaha coba-coba bikin sendiri ikan sardin seperti yang dibeli dalam kalengan. Dan setelah coba-coba buat, malah hasilnya lebih enak dan mantaff...tidak berbau amis. Sejak itu pula saya mulai menyukai ikan sardines ala kalengan, tapi dengan syarat...harus bikinan rumah atawa bikin sendiri.


HOMEMADE IKAN SARDINES
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kg ikan sardines/ikan krismon/ikan lemuru/ikan kembung (potong kepalanya)
3 jeruk nipis/air jeruk lemon
3 batang serai memarkan
5 cm jahe memarkan
5 lembar daun salam
2 sdt garam (secukupnya)
1 sdm gula pasir (secukupnya)
5 sdm saus tomat botolan
2 sdm air asam jawa
500 ml air putih matang

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah tomat ukuran besar
5 buah cabe merah besar




Cara Membuat:
1. Bersihkan ikan dari sisiknya, dan potong bagian kepalanya. Cuci hingga bersih, lalu tuangi air jeruk nipis atau air jeruk lemon. Diamkan kurang lebih 15 menit, kemudian bilas lagi dengan air bersih.
2. Masukkan ikan kedalam panci presto, masukkan pula bumbu halus, serai, jahe, daun salam, garam, gula pasir, saus tomat, air asam jawa dan air putih matang. Tutup panci prestonya, masak sekitar 1 sampai 1 1/2 jam. (Kalau 1 1/2 jam menurut saya ikan jadi lebih empuk..tulang dan duri lebih lunak lagi).
3. Jika sudah selesai waktu memasaknya, biarkan dingin dulu. Baru kemudian ambil dan pindahkan ikan sardin secara hati-hati, agar ikan tidak rusak atau hancur.
4. Ikan sardin bisa dikemas di kotak/box plastik kedap udara dalam jumlah sedikit-sedkit...simpan di kulkas. Bisa bertahan selama kurang lebih satu minggu. Mudah bikinnya...enak pula rasanya, lebih sedap daripada ikan sardin kalengan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar