Selasa, 10 April 2012

Bolu Kukus Mekar



Bikin bolu kukus mekar yuuk...gak usah kuatir and takut gagal, selama ini saya pakai resep andalan ini. Alhamdulillah bolu kukusnya senantiasa mekar dengan sumringah. Asal...yang penting ikuti step by stepnya dengan benar. Untuk satu resep bolu kukus mekar ini lumayan banyak hasilnya, dengan menggunakan cetakan bolu kukus mekar ukuran sedang bisa jadi 20 buah kue.

Bolu Kukus Mekar
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
125 gr gula pasir
1 butir telur utuh
1 kuning telur
100 ml air soda (sprite)

Bahan B:
150 gr tepung terigu
1/2 sdt Baking Powder (BPDA lebih bagus)
1/2 sdt vanili bubuk
1/4 sdt garam halus
===> Campur dan aduk-aduk merata semua bahan ini menjadi satu

Bahan C:
1 sdt SP (emulsifier)

Bahan D:
pewarna kue sesuai selera

Bahan E:
paper cup/kertas roti untuk alas bolu kukus mekar
8 buah cetakan bolu kukus mekar




Cara Membuat:
1. Siapkan panci kukusan/dandang/langseng, panaskan dengan api cukup besar, tapi jangan terlalu besar.
2. Masukkan bahan A dan bahan B ke wadah/mangkuk besar, kocok menggunakan mikser dengan kecepatan sedang, kemudian meningkat menjadi kecepatan yang tinggi selama kurang lebih 5 menit sampai adonan memucat dan mengental
3. Masukkan bahan C (emulsifier), kocok kembali menggunakan mikser...dengan kecepatan yang tinggi selama kurang lebih 5 menit juga. Hingga adonan bolu menjadi semakin putih, kental sekali dan jika baling-baling mikser diangkat keatas adonan yang menempel tidak jatuh ke bawah.
4. Bagi adonan bolu menjadi beberapa bagian di wadah /mangkok terpisah, beri pewarna sesuai selera. Kali ini saya memberi paduan warna putih, pink dan ungu...yang pasti harus ada warna putihnya, agar kombinasi warnanya lebih serasi.
5. Siapkan cetakan dan beri paper cup, tuangkan setengah sendok makan adonan putih..lalu tuang lagi adonan warna lain, tuang lagi diatasnya dengan warna lain. Begitu seterusnya hingga adonan memenuhi cetakan (isi saja cetakan dengan adonan yang penuh rata dengan permukaan atas cetakan, biar mekarnya bagus).



6. Lalu kukus didalam panci kukusan selama 10 menit dan jangan dibuka-buka sebelum 10 menit berakhir. Isi kukusan dengan adonan bolu kukus sedikit saja, misalkan 4 buah cetakan saja setiap sekali mengukus. Ini sangat harus diperhatikan, karena kalau mengisi terlalu banyak akibatnya bolu kukus tidak/susah menjadi mekar sempurna. Jangan lupa...tutup kukusan harus diberi serbet tebal/handuk untuk menghindari jatuhnya uap air atau menetesnya uap air ke adonan bolu kukus. Jika sudah 10 menit, segera buka penutup kukusan, angkat bolu kukus mekarnya...letakkan di rak pendingin kue.




Alhamdulillah, Selamat Mencoba...
Mudah-mudahan bolu kukusnya mekar berbunga, gembira tertawa semua... :)

3 komentar:

  1. assalamu'alaikum mbak ita.... saya mau bilang terima kasih banyak untuk mbak ita karena resep bolu kukus dari mbak ita, saya jadi banyak pesanan bolu kukus..... terima kasih banyak..... semoga ilmunya jadi berkah buat semua.... amin

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam, Aamiin...makasih atas doanya ya mbak,
    wah iya yaa, duh saya ikut seneng kalau mb Anjanie sudah sukses dg bolkus mekarnya, dan mudah2an pesanannya makin melimpah...aamiin...Barakallahu fiik...

    BalasHapus
  3. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan sehat memang sangat penting, akan tetapi peralatan memasak yang sehat juga sama pentingnya.

    BalasHapus