Senin, 04 Juni 2012

Cireng Isi Daging Bumbu Gulai



Cireng ini saya adaptasi dari resepnya Mas Budi Sutomo *BudiBoga* , membuatnya sangat mudah dan bahannya sederhana sekali. hasilnya bener-bener mantaaff...pass sesuai selera saya. Sedikit saya modifikasi dari bahan dan bumbunya, dengan isian yang berbeda dari biasanya...jadi deh cireng yang istimewa ala saya banget :)


CIRENG Isi Daging Bumbu Gulai
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
150 gr tepung tapioka
1/4 sdt lada halus
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
2 siung bawang putih yg sudah dihaluskan
1 batang daun bawang cincang halus

Bahan Biang:
50 gr tepung tapioka
1 sdm tepung terigu
150 ml air panas/mendidih

Bahan Isian:
250 gr daging sapi cincang
100 gr wortel potong dadu kecil
1 sdm bumbu gulai instan
3 siung bawang putih iris halus
5 butir bawang merah iris halus
1/2 sdt lada halus
1/4 sdt pala halus
1/2 sdt garam
1 batang daun seledri cincang halus
1 batang daun bawang cincang halus
1 sdt gula pasir
3 sdm minyak zaitun

Cara Membuat:
1. Membuat Isian: tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak zaitun, masukkan daging sapi dan wortel aduk-aduk hingga berubah warna. Tuangkan lada halus, pala halus, garam dan gula, aduk rata. Masukkan daun bawang dan seledri, aduk rata dan masak hingga matang. Sisihkan.
2. Membuat Biang: Masukkan air mendidih kedalam wadah...lalu tuangkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, gula, lada, bawang putih halus dan daun bawang cincang, aduk-aduk dengan sendok kayu hingga adonan tercampur rata.
3. Masukkan tepung tapioka (150 gr) kedalam adonan biang, uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan tidak lengket ditangan.
4. Ambil adonan cireng secukupnya bentuk bulat pipih, beri isian...lalu lipat membentuk setengan lingkaran. Pilin atau bentuk renda seperti kue pastel. Lakukan hingga adonan habis diisi dan dibentuk, kemudian goreng dengan api sedang. Sajikan hangat dengan sambel cabe botol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar