Minggu, 13 Januari 2013

KUE DADAR GULUNG



Jajanan tradisional yang tetap disukai semua orang, ini dia...dadar gulung isi unti kelapa. Jadi ingat saat masih masa kanak2, jajanan jadul ini jadi favorit kami di rumah. Ibu sering membuat kue ini, dan saya kebagian tugas membantu membuat kulit dadarnya.

Kalau resep ala bunda saya berbahan tepung beras dan tepung kanji/tapioka sedikt dan santan kental. Isinya dibuat dari kelapa muda yang diparut memanjang, dan dibumbui gula merah, gula pasir dan sedikit garam...ditambah daun pandan dan daun jeruk sedkit agar aroma kuenya lebih wangi dan sedap.


Kue Dadar Gulung Isi Unti Kelapa Gula Merah
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit:
200 gr tepung beras putih
50 gr tepung tapioka
400 ml santan sedang kentalnya
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 butir telur
pasta pandan secukupnya
pewarna makan hijau dan merah muda (sesuai selera)
1 sdm minyak goreng

Bahan Isi/Unti Kelapa:
250 gr kelapa setengah tua parut memanjang
150 gr gula merah
50 gr gula pasir
200 ml air putih
2 lembar daun pandan potong2
3 lembar daun jeruk purut
1/4 sdt garam




Cara Membuat:
1. Membuat Kulit: Campur semua bahan, aduk menjadi satu dengan wisk hingga tercampur rata dan halus. Kemudian dadar diatas pan/wajan dadar teflon/anti lengket hingga selesai.
3. Membuat Isi/Unti Kelapa: Rebus gula merah, gula pasir dengan air putih, aduk2 hingga gula larut dan air mendidih. Angkat dan saring. Masak kelapa parut diatas wajan, tambahkan larutan gula, beri daun pandan dan daun jeruk purut. Aduk hingga kelapa parut tercampur rata, air gula menyusut dan kering. Angkat.
3. Ambil selembar kulit dadar, isi dengan sesendok makan unti kelapa, lipat dan gulung. Lakukan hingga semua tergulung. Sajikan.

Mudah dan sederhana, enak rasanya...semua suka :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar