Rabu, 09 Januari 2013

Bolu Gulung Kukus Talas



Alhamdulillah...

Untuk yang kedua kalinya saya berkreasi membuat cake berbahan talas, mencoba bikin bolu gulung kukus dari talas. Wah...ternyata rasanya bener2 nikmat, yummy deh. Meskipun penampakannya agak padat tapi sangat lembut saat digigit.

Bolunya saya beri warna ungu agar terlihat manis dan menarik...warna favorit, dipadu dengan motif coretan yang unik dari adonan putih, jadilah seperti ini...sepertinya sayang kalau mau dipotong deh :)

Resep saya ini seperti biasa tidak banyak menggunakan telur, dan cukup mudah membuatnya. Jika ingin berkreasi dengan bahan tambahan umbi2an jenis lain bisa saja...misalnya: ubi jalar ungu, kentang, ubi jalar putih dan kuning/orange. Ataupun mengganti dengan labu kuning (pumpkin) boleh2 saja...tergantung ide dan kreatifitas kita, pas yang tersedia di dapur bisa diberdayakan.


Bolu Gulung Kukus Talas
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan A:
4 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt SP

Bahan B:
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
1/2 sdt BP
1/4 sdt garam halus
---> Campur semua bahan menjadi satu hingga rata.

Bahan C:
50 gr talas kukus haluskan
50 ml susu cair
---> Campur jadi satu, lalu blender hingga halus.

Bahan D:
50 ml minyak goreng

Bahan E:
Butter Cream secukupnya
Keju cheddar parut secukupnya




Cara Membuat:
1. Mixer bahan A hingga mengembang kental berjejak.
2. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit, sambil tetap di mixer dengan kecepatan rendah.
3. Masukkan bahan C dsedikit demi sedikit, sambil tetap di mixer dengan kecepatan rendah.
4. Tuangkan bahan D, mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
5. Ambil 3 sendok makan adonan putih, masukkan ke dalam piping bag plastik segitiga.
6. Beri pewarna ungu secukupnya pada adonan putih, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata
7. Tuangkan adonan ungu ke dalam loyang kotak ukuran 26x26x4 cm yang sudah dialasi kertas roti. Beri hiasan motif batik secara menyilang diatas permukaan bolu.
8. Kukus hingga matang selama kurang lebih 10-15 menit. Jangan dibuka2 tutupnya selama mengukus. Gunakan api sedang, dan bungkus tutup kukusan dengan serbet tebal.
9. Setelah matang, segera balik diatas meja pendingin yang dialasi kertas roti. Biarkan uap panas bolu kukus menguap dan agak menghangat. Olesi butter cream, taburi keju cheddar parut diatas permukaan bolu gulung yang tidak bermotif batik. Lalu gulung perlahan tanpa ragu2 secara cepat kearah depan, padatkan. Simpan di dalam kulkas (30 menit) agar bolu gulung menjadi rapet dan set kencang. Potong2 dan sajikan.

Selamat Mencoba...

1 komentar:

  1. Mbak, bolu gulungnya cantik banget...aku mau coba ah...tp klo talasanya diganti yg sdh jd tepung kira2 takarannya berapa gram ya mbak? Thanks for reply yaa

    BalasHapus