Senin, 28 Januari 2013

PASTEL KEONG (Pastel Putar)




Assalamu'alaikum...

Setelah 3 kali mencoba membuat kue pastel puter2 ini, mengutak atiknya dengan merubah komposisi bahan2, akhirnya baru bisa seperti ini hasilnya.  Kalau di Indonesia dibilang Kue Pastel Keong,...sementara orang Malaysia menyebutnya Karipap Pusing (Pusing artinya putar dalam bahasa Malaysia). Nah... kalau saya lebih suka nyebutnya "Pastel Putar". He hee, kan lapisan kulitnya melingkar-lingkar/berputar, jadi bikin pusing yang membuatnya.

Alhamdulillah kulit kue pastel ini rasanya gurih dan renyah...tidak keras, kalau digigit terasa mak krenyess. Kulit luar yang krispi dipadu dengan cita rasa dalam kulitnya yang tetap lembut saat digigit. Resep asli saya dapat dari website Malaysia *My Resipi* dan *disini juga* untuk step by stepnya, tetapi telah saya rubah dan modifikasi agak banyak. Karena saat membuat karipap pusing sesuai resep asli, saya merasa kurang sreg dan belum satu selera, terlalu keras kulitnya baik bagian luar maupun bagian dalam ketika sudah matang. Setelah di modifikasi akhirnya saya bisa membuat kulit pastel putar yang maknyuss...rasa kulitnya mirip banget dengan kulit pastel biasa/original yang sering saya bikin. Garing Krispi...krenyess2 dan tidak mudah pecah/retak saat digiling dan digoreng.


PASTEL KEONG/Pastel Putar
Source: My Resipi
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit Luar (A):
350 gr tepung terigu
50 gr minyak goreng, panaskan
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir
150 ml air putih

Bahan Kulit Dalam (B):
150 gr tepung terigu
50 gr margarin
30 ml minyak goreng

Bahan Isi:
Tergantung selera saja yaa...bisa pakai isian pastel yang biasa dibuat dirumah.
Disini saya hanya sharing untuk membuat kulitnya yang berbentuk seperti keong dan berputar2.
Kalau saya suka bikin isiannya seperti pastel biasa, dan sedikit saya tambah bumbu bubuk kari.


Cara Membuat Kulit Pastel Putar:

1. Bahan Kulit Luar (A): Campur semua bahan A, uleni hingga adonan rata dan kalis. Diamkan sekitar 15 menit.

2. Bahan Kulit Dalam (B): Campur semua bahan B, uleni hingga adonan rata dan kalis. Istirahatkan selama 15 menit. Saya suka menyimpan adonan B ini di dalam kulkas agar adonan dingin dan setengah membeku.

3. Bagi adonan A menjadi 4 bagian, bulatkan. Demikian pula bagi adonan B menjadi 4 bagian dan bulatkan.

4. Pipihkan adonan A, isi dengan bulatan adonan B, tutup dan rapatkan. Diamkan sekitar 10 menit. Dalam satu resep ini terdapat 4 buah bulatan yang siap di giling.

5. Ambil 1 adonan yang sudah dibulatkan, giling dengan rolling pin/gilingan kayu, giling tipis memanjang, lalu lipat, istirahatkan sebentar (2 menit). Selesaikan menggiling dan melipat bulatan adonan lainnya satu-persatu dan istirahatkan 2 menit setiap satu kali menggiling dan melipat.
Lakukan menggiling dan melipat adonan yang dibulatkan tersebut sebanyak masing2 tiga kali, kemudian gulung adonan menjadi seperti bulatan tabung. Setelah semua adonan digiling, dilipat dan di gulung, kemudian istirahatkan sebentar selama 10 menit.

6. Setelah adonan kulit diistirahatkan 10 menit, potong2 adonan kulit setebal 1.5 - 2 cm.

7. Giling satu persatu adonan kulit yang sudah dipotong2, beri adonan isi. Lipat setengah lingkaran, pilin2 dari ujung hingga ujung hingga membentuk pastel.

8. Goreng pastel putar dengan minyak goreng hingga berwarna kuning keemasan, gunakan panas api sedang agar tidak gosong.


Disini saya cantumkan foto2 step by step dalam menggiling kulit pastel putar, semoga bisa dipahami. Jika kurang dimengeri bisa kabar2 ke saya by inbox Facebook atau tulis saja di kolom komentar di bawah:




Untuk menyimak step by step membuat kulit pastel putar foto diatas ikuti saja gambar dari no. 1 sampai dengan no. 12, keliling searah jarum jam.


Selamat Mencoba... :)

4 komentar:

  1. Mbak Ari, mau tanya, terigunya pakai allpurpose atau terigu buat roti atau terigu kunci (low gluten) thanks.

    BalasHapus
  2. Mbak Ita, untuk bahan B, minyak gorengnya tidak perlu dipanaskan ya. Terima kasih banyak buat resep pastelnya.

    BalasHapus
  3. Pakai tepung terigu all purpose aja mbak...

    Minyak gorengnya memang gak perlu dipanaskan untuk bahan B, kalau bahan A memang minyak gorengnya dipanaskan.

    BalasHapus
  4. berapa potongan yg di dpttq tiap gulungan mbak...

    BalasHapus