Sabtu, 22 September 2012

SAYUR GULAI DAUN KALE



Ternyata mahal yaa...daun Kale ini, pas belanja di super market nemu si dia yang bikin saya penasaran, maklum daunnya aja di import dari Thailand. Berarti mahal diongkos kirimnya buat nerbangin ke Kuwait, Si daun Kale ini kata orang2 yang udah pernah masak dan makan rasanya seperti/mirip daun singkong. Ya begitu deh demi menuruti kata penasaran...akhirnya saya beli 1/2 kg dan mencoba untuk memasaknya.

Setelah saya make over di dapur...si Kale berubah jadi sayur gulai yang sengaja dibumbuin gak pedes biar anak2 dirumah bisa ikut mencicipi, dimasak seperti bumbu opor kuning saja. Waah...rupanya bener rasa daun Kale ini enak banget, agak kress2 dan kesat mirip2 daun singkong. Tapi kalau menurut perasaan lidah saya si Kale ini koq lebih condong seperti rasa daun paku/pakis, juga seperti rasa daun Triwisan (daun dari tanaman kobis yang sudah agak tua, sering dibuat sayur lodeh/tumisan).

Menurut informasi dari sumber yang saya baca *disini* daun Kale (Brassica oleracea) termasuk jenis tanaman/famili Kobis2an. Kandungan gizinya bagus sekali, mengandung banyak betakaroten, tinggi kandungan vitamin C dan vitamin K, juga berkalsium tinggi setara dengan sayuran brokoli. Mantafff kan...

Ini dia penampakan daun Kale yang kemaren itu saya beli, daunnya hijau bagus dan kriwil2 lucu (curly)...daun-nya agak kaku tapi cukup empuk saat dipotong2.




Sayur Galai Daun Kale
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
2 ikat daun kale (1/2 kg)
1/2 liter santan sedang kentalnya (santan instan)
1 liter air putih
50 gr teri medan goreng
3 lembar daun salam
1 batang daun serai geprek
3 lembar daun jeruk purut
3 ruas jari lengkuas geprek
1 sdt gula (secukupnya)
1 sdt garam (secukupnya)
minyak zaitun/minyak goreng lain (secukupnya)

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 ruas kunyit
2 ruas jari jahe
1/2 sdt lada
1/2 sdt ketumbar sangrai
3 butir kemiri sangrai




Cara Memasak:
1. Potong2 daun kale kemudian rebus hingga matang.
2. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum.
3. Rebusa air putih bersama daun salam, daun serai, daun jeruk dan lengkuas hingga mendidih. Masukkan daun Kale rebus dan bumbu halus, aduk2 hingga air mendidih kembali.
4. Tuangi santan, masukkan teri medan goreng dan beri garam serta gula pasir, cicipi sudah pas belum rasanya. Tunggu hingga kuah mendidih dan mengental, angkat dan hidangkan bersama nasi hangat dan lauk pendamping.

5 komentar:

  1. boleh tahu beli kalenya dimana?

    BalasHapus
  2. Saya tinggal di Kuwait mb Princess...dan biasa beli di supermarket Lulu...di rak bagian sayuran import :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Good Job Mam ^^
    sayangnya kale belum familiar di indonesia
    karena menurut prof.Hiromi Shinya, kalsium dan nutrisi lain lebih baik didapatkan dari makanan segar. Sedangkan susu buruk untuk kesehatan, selain sifatnya yang asam tidak baik bagi tubuh, susu juga bisa menyebabkan osteoporosis dan memicu dermatitis untuk sebagian orang

    BalasHapus
  5. siapa punya info suplier kale yah, boleh dunk info ke aku; driadiono@gmail.com. Thanks yooo

    BalasHapus