Jumat, 09 November 2012

Martabak Telur



Bismillah...

Martabak telur merupakan jajanan gorengan yang gurih dan tidak membosankan.  Dan untuk membuatnya sendiri sebenarnya tidak sulit koq...yuk kita bikin martabak telur yang mantaf dan laziz rasanya :)


Martabak Telur
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit Martabak:
250 gr tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 sdm air kapur sirih
550 ml air putih (jika masih kental tambahkan air putih)
1 sdt garam halus
2 sdm minyak goreng

Bahan Tumisan Daging:
150 gr daging giling
3 butir bawang merah iris halus
3siung bawang putih iris halus
1 sdm bumbu kare/gulai instan (misal: dari Indofood)
1 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 sdm minyak goreng/margarin untuk menumis bumbu

Bahan Isi Martabak:
5 lembar daun bawang iris halus
1 buah bawang bombay cincang halus
5-6 butir telur ayam kocok lepas




Cara Membuat:
1. Buat kulit martabak: campur tepung terigu dan tepung maizena kemudian tuangi air kapur sirih dan air putih sedikit demi sedikit hingga air putih habis. Aduk dengan wisker hingga rata dan licin. Tambahkan garam dan minyak goreng, aduk lagi hingga membentuk adonan yang benar2 halus. Lalu dadar diatas pan dadar anti lengket diameter 20 cm hingga matang. Sisihkan.
2. Buat tumisan daging: tumis bawang merah, bawang putih dengan sedkit minyak goreng, masukkan daging giling. Tambahkan bumbu gulai, garam, lada halus dan gula pasir. Aduk2 hingga daging matang dan mengering. Angkat dan sisihkan.
3. Buat Isian Martabak: campur semua bahan isian martabak, aduk2 hingga tercampur rata. Masukkan tumisan daging, aduk lagi hingga tercampur rata. Rasakan dan cicipi sudah pas belum asin dan gurihnya isian martabak. Jika kurang bisa ditambahkan garam, gula pasir atau lada halusnya.
4. Ambil selembar kulit martabak, beri satu sendok sayur adonan isian martabak, lipat seperti amplop. Kemudian langsung goreng dalam minyak goreng yang panas hingga matang. Tiriskan lalu sajikan selagi masih hangat.


# Note:
Untuk pelengkap saus bisa menyediakan sambel bangkok botol, sambel pedas botol, atau cuko pempek2. Tambahkan pula acar mentimun yang asem manis segar.

2 komentar:

  1. mba adonan kulit martabaknya itu pakai tepung beras apa maizena ya?
    karena di bahan tepung maizena tapi di cara membuat tepung beras

    BalasHapus
  2. Wah iya maaf atas kekeliruan saya mbak Tasya, seharusnya tepung maizena...tetapi kalau mau pakai tepung beras juga bisa saja sih, tapi nanti jadinya agak keras setelah dingin. Okk akan saya edit...biar tidak membingungkan,,,makasih atas koreksinya.

    BalasHapus