Senin, 19 November 2012

Bakpia Isi Kacang Hijau



Jogja memang terkenal dengan jajanan satu ini bakpia, dan salah satu yang paling populer adalah bakpia pathuk. Sekarang ada lagi bakpia yang mulai naik daun yaitu bakpia Kurnia Sari, jenis bakpia ini yang lebih saya suka. Kulitnya lebih tipis dan berlapis-lapis, isi kacang hijaunya tidak terlalu manis seperti bakpia pathuk. Dari situ saya penasaran, pingin bisa bikin bakpia ala Kurnia Sari...cuma saja koq nyari2 resep di paman google gak ada yang bisa kasih rujukan resepnya ke saya, hahahaa...

Seperti biasa, sebelum bereksperimen saya kumpulin banyak2 aneka resep bakpia dari berbagai media, dan akhirnya pilihan saya jatuh pada buku koleksi resep di rumah. Buku terbitan Gramedia yaitu Seri Populer Food "Aneka Kue Pia" penulisnya ibu Sisca Susanto. Saya mempelajari resep bu Sisca Susanto ini dalam hal pembuatan adonan bakpianya yang kata beliau jenis Pia Taiwan Berlapis (Tau Sar Piah).

Hasil bakpianya lumayan enak kata suami saya, sudah mirip bakpia Kurnia Sari rasanya...hanya harus lebih banyak berlatih menggiling dan melapis kulitnya bakpia biar tipis dan semakin tampak jelas lapis2nya. Memang kunci kesuksesan membuat bakpia ala saya ini musti telaten menggiling hingga terbentuk layer2 yang cantik. Okkey...berarti saya harus sering2 bikin bakpia lagi, who knows nanti bisa buka outlet bakpia jogja di Kuwait.  Hehee...InsaAllah, aamiin.






BAKPIA ISI KACANG HIJAU
Source: Sisca Susanto (Aneka Kue Pia)
Modified: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Kulit A:
150 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir halus
50 ml air putih
50 ml minyak goreng
1/4 sdt garam

Bahan Kulit B:
100 gr tepung terigu
50 ml minyak goreng

Isi Kacang Hijau:
150 gr kacang hijau tanpa kulit rendam 1 jam
250 ml air putih (bisa pakai air santan)
100 gr gula pasir (sesuai selera manisnya)
2 lembar daun pandan simpulkan
1 sdt vanili bubuk
1 sdm mentega/margarin
1/4 sdt garam

Cara Membuat Isi Kacang Hijau:
1. Kukus kacang hijau yang sudah direndam selama kurang lebih 20 menit, angkat.
2. Masak kacang hijau dengan air putih (air santan), garam, daun pandan, mentega/margarin, vanili bubuk, dan gula pasir, aduk terus hingga adonan matang dan kalis.
3. Angkat, setelah dingin bentuk bola2/bulatan kecil lalu sisihkan

Cara Membuat Kulit Bakpia:
1. Campur semua bahan A, aduk dengan tangan hingga kalis. Diamkan adonan selama 30 menit.
2. Campur semua bahan B, aduk dengan tangan hingga rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
3. Bagi adonan A menjadi 15 bagian, bentuk bulat. Demikian juga dengan adonan B bagi menjadi 15 bagian dan bentuk bulat kecil.




4. Selanjutnya ambil 1 bulatan adonan A, pipihkan...isi dengan adonan B. Bulatkan kembali. Lakukan hingga semua selesai diisi dan dibulatkan. Istirahatkan adonan selama 10 menit.






5. Ambil satu adonan bakpia, giling tipis. Kemudian gulung kembali. Lakukan hingga semua adonan bakpia digiling tipis dan digulung. Istirahatkan 10 menit.






6. Giling dan gulung kembali adonan bakpia seperti cara diatas sampai 3 kali (setiap sekali menggiling dan menggulung istirahatkan 10 menit agar adonan tetap lentur saat digiling), lakukan hingga selesai lalu istirahatkan kembali semua adonan bakpia selama 10 menit.
7. Giling tipis lagi adonan bakpia, isi dengan bola2 kacang hijau. Bulatkan lagi dan tutup seluruh permukaan bakpia hingga rapat. Kerjakan hingga semua adonan bakpia selesai diisi dan dibulatkan.




8. Letakkan bakpia pada loyang persegi, panggang di dalam oven dengan suhu 170"C selama 15-20 menit. Keluarkan dari oven, balik semua bakpia dan masukkan kembali ke dalam oven. Panggang kembali hingga bakpia matang seluruh permukaan bakpia.
9. Bila ingin lebih praktis bisa juga dipanggang pada wajan teflon tebal, masukkan bakpia kedalam wajan datar teflon kemudian tutup, panggang dengan api yang kecil. Jangan lupa dibolak balik agar tidak gosong.




Selamat Mencoba...Semoga Berhasil :)

6 komentar:

  1. makasih resepnya< kebayang bisa bikin bakpia sendiri yang enaknya kayak pia kurnia, mohon rekomendasi untuk bahan2nya bisa disebutkan mereknya untuk hasil yang lebih baik - agar lebih smoootie gitu.. thanks

    BalasHapus
  2. Wins Viva, untuk bahan2...mereknya gak spesifik ya mbak, kan bahan2nya sederhana saja...
    kalau harus benar2 sama persis rasanya dg bakpia kurnia sari, yah...susah kali...kecuali dpt bocoran resmi resep dr si empunya pabrik bakpia kurnia sari... :)
    Selamat bereksperimen mbak...siapa tahu bisa menemukan resep sendiri yg lebih maknyuss, hehee...

    BalasHapus
  3. Mba Ita...
    Blog panjenengan merupakan salah satu rujukan memasak buat saya 😊
    Ilmu yg barokah, InSyaa Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin...terima kasih Ummu Aliya atas doanya. Semoga sll memberi manfaat yg baik...

      Hapus
  4. Hmmm... bakpia salah satu makanan favorite saya..pas dapat resepnya jd bisa bikin sendiri, krn untuk mendapatkan bakpia seperti bakpia pathuk ga ada yg jual ditempat tinggal saya ... makasih ya mb udah berbagi ilmunya 😊

    BalasHapus
  5. Salam kenal. Saya Tini, ibu rumah tangga juga, berdomisili di Tokyo.
    Terima kasih resepnya.

    BalasHapus