Selasa, 13 Maret 2012

Bakso Ikan



Waktu masih tinggal di Indonesia, saya sudah sering bikin bakso ikan sendiri. Sudah berulang kali resepnya diutak-atik hingga ketemu yang pas dan enak menurut saya. Biasanya bakso ikan ini dibuat campuran masak nasi goreng atau mie goreng. Kadang-kadang juga dibuat bakso ikan kuah, atau bakso ikan goreng.

Untuk bahan ikannya, yang paling bagus hasilnya adalah ikan kakap putih. Ikan tenggiri juga enak...tapi memang agak amis baunya. Untuk mengurangi aroma amis tersebut biasanya saya tuangi 1 sdm air jeruk nipis dalam adonan baksonya.

Untuk kali ini karena masih banyak stok ikan fillet beku di freezer, saya membuat bakso ikan dari bahan ikan pangasius (fillet white fish beku) yang beli di super market. Ikan fillet ini warnanya bagus kalau dibuat bakso...putih bersih. Tapi kadar airnya cukup tinggi, jadi saat dikeluarkan dari freezer...biarkan airnya keluar semua dulu sampai tuntas. Setelah fillet ikan dalam kondisi suhu ruang...dan sudah ditiriskan air yang keluar dari daging ikan, timbang kembali sesuai resep dan segera proses menjadi adonan bakso.

Yuuk mari kita bikin bakso ikan sendiri...




BAKSO IKAN
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
300 gr fillet ikan (kakap/tenggiri/pangasius)
75-100 gr tepung tapioka
1/2 sdt lada bubuk
2 sdt garam halus (secukupnya)
1 sdt gula
2 sdm bawang putih goreng haluskan
1 putih telur
100 gr es batu hancurkan kecil-kecil
(jika ikan sudah lembek/banyak mengandung air, es batu bisa dikurangi  menjadi 50-75 gr saja...biar adonan gak terlalu cair, nanti susah dibentuk jadi bulatan bakso).

Cara Membuat:
1. Potong kecil-kecil fillet ikan, lalu masukkan kedalam food processor bersama bawang putih goreng yang sudah dihaluskan, garam, lada, dan gula pasir. Lalu giling sampai ikan dan bumbu halus selama kurang lebih 5 menit.
2. Masukkan es batu sedikit demi sedikit bergantian dengan tepung sagu sambil tetap digiling dengan food processor.
3. Masukkan putih telur, sambil terus digiling hingga adonan menjadi halus dan tercampur rata.
4. Siapkan air panas dipanci, tapi dalam keadaan tidak mendidih/hangat dengan suhu sekitar 70'C. Bulatkan adonan bakso ikan dengan tangan dan ambil dengan sendok kecil, cemplungkan ke panci berisi air hangat tersebut. Lakukan hingga selesai.
5. Rebus kembali panci yang sudah berisi bakso ikan hingga air mendidih dan bakso ikan matang. Jangan terlalu lama merebus bakso ikan, karena bakso ikan ini cepat sekali matangnya. Segera angkat dan tiriskan.
6. Dinginkan bakso ikan, baru kemudian dikemas diplastik kedap udara atau kotak penyimpan makanan food grade. Bisa disimpan di kulkas atau ditaruh di freezer sebagai stok bakso ikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar