Selasa, 13 Maret 2012

Tumis Ikan Asin Peda Cabe Ijo



Gambarnya saja dulu yang mejeng deh...wong masak seperti ini kan gak pake resep2an yang akurat. Asal cemplang cemplung, yang penting enaaak... :)

Yang pasti, harus ada bumbu-bumbu irisnya yang wajib: bawang merah, bawang putih, cabe hijau, cabe merah, daun salam dan lengkuas digeprek, garam sedikit...sama gula merah juga dikit. Ikan pedanya kan sudah asin...jadi garam gak perlu banyak, tuangi air panas sedikit (100 ml). Perlu ditambahkan gula merah/gula pasir biar samar-samar kuahnya ada manis asinnya...sehingga terasa nikmat dan gurih.

Tips dari saya, agar ikan asin peda tidak terlalu asin. Sebelum ikan asin peda dimasak, rendam ikan asin peda kedalam air panas (tapi tidak yang mendidih) yang diberi sobekan-sobekan kertas koran. Kira-kira merendamnya 30 menit...biar ikan asin peda berkurang kadar keasinannya.
Lalu ikan ditiriskan, dalam keadaan basah baluri ikan asin peda dengan tepung terigu kering...terus goreng di minyak goreng yang panas. Dijamin ikan asin peda akan lebih sedap...dan krispi, tidak terlalu asin juga tidak rontok dagingnya, karena sudah dibalut tepung saat digoreng.

Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar