Selasa, 06 Maret 2012

Sayur Asem Kacang Merah



Sayur asem itu masakan yang paling banyak penggemarnya, termasuk saya salah satunya yang sangat menyukai menu satu ini. Kadang-kadang saya bikin sayur asem dengan kuah bening yang bumbunya hanya diiris-iris tipis...tapi sering juga membuat sayur asem dengan kuah yang keruh karena bumbunya diuleg dan ditambahkan kemiri. Untuk sayurnya suka-suka aja, tergantung stok yang ada dipeti sejuk (kulkas) saya. Untuk saat ini sedang ingin masak sayur asem kacang merah...udah lama banget gak masak sayur kacang merah, kebetulan masih ada stok satu kaleng kacang merah siap masak.


SAYUR ASEM KACANG MERAH
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 kaleng kacang merah siap pakai
250 gr daging tetelan/sandung lamur
200 gr buncis potong 3 cm
1500 ml air putih
5 cm lengkuas digeprek
3 lembar daun salam
1/2 sdm garam (secukupnya)
1 sdt gula pasir (secukupnya)

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah cabe merah besar buang bijinya
5 buah kemiri sangrai

Cara Membuat:
1. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging tetelan/sandung lamur...masak hingga daging empuk. Potong-potong daging berbentuk kotak ukuran kecil. Saring air kaldu, masukkan kembali daging yang sudah dipotong-potong. Tambahkan air jika kurang sehingga menjadi 1500 ml kembali.
2. Didihkan kembali air kaldunya, masukkan sayur buncis, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus. masukkan juga kacang merahnya, beri garam dan gula pasir...masak hingga sayuran matang. Angkat...sajikan hangat-hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar