Kamis, 29 Maret 2012

Kripik Bawang Merah Gurih (Kripik BMG)


Bismillahirrohmanirrohiim...

Alhamdulillah, saya bisa mengikuti Tantangan Resep dari Dapur Aisyah (Group Masak di FB) untuk bulan Maret 2012 ini. Temanya mengusung tentang camilan kering yang berbahan dasar tepung terigu. Tadinya sempat berpikir-pikir lama...mau bikin apa ya? kan camilan kering dari bahan tepung terigu itu banyak sekali macam-macamnya. Jadi malah bingung aja kerjaannya..kebanyakan mikirnya, ngerjainnya belum belum aja. Dan tiba-tiba terbersit dalam pikiran saya...ingat saat masih di Cilegon, pernah bikin kripik bawang merah. Kripik ini sering saya buat saat menjelang lebaran...untuk dibawa ke rumah orang tua saya dan mertua saya saat mudik idul fitri.

Resepnya sederhana sekali, bahan-bahannya mudah didapat dan gampang membuatnya. Rasa kripiknya gurih..empuk dan renyah, nggak eneg..tidak mbosenin deh, tanpa sadar tau-tau bisa habis setoples sendirian. Dulu resep ini pertamanya dapat diajari oleh tetangga dekat yang asli orang Cilegon, karena memang beliaunya jualan kripik bawang merah.

Resep awalnya dengan perbandingan tepung terigu dan tepung tapioka adalah 1:1, terus diberi bumbu-bumbu secara feeling aja, jadi tidak ada ukuran pastinya. Pemakaian telur juga hanya satu buah untuk berat tepung terigu 500 gr, jadi menurut saya kurang empuk...agak keras saat digigit. Maka saat saya bikin kripiknya waktu itu agak dirubah sana sini resepnya, baik perbandingan tepungnya..maupun bumbu-bumbunya agar sesuai dengan selera lidah saya. Akhirnya tunailah resep modifikasi saya, dan sejak itu pula selalu saya gunakan untuk membuat kripik BMG ini. Dengan tanpa penggunaan bahan tambahan pangan/bahan additif dan MSG...kripik bawang ini tetap lezatoss deh.


KRIPIK BAWANG MERAH GURIH (Kripik BMG)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr tepung terigu
100 gr tepung tapioka
1 sdt garam halus
1/2 sdt gula pasir
1/4 sdt lada bubuk
1 buah telur kocok lepas
5 butir bawang merah cincang halus
150 ml santan kental
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng kripik




Cara Membuat:
1. Masukkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam suatu wadah, tambahkan garam halus, gula pasir, lada bubuk, dan bawang merah cincang, aduk hingga semua tercampur rata.
2. Tuangkan telur kocok dan santan kental, aduk lagi hingga adonan bergumpal-gumpal. Hentikan mengaduk, diamkan adonan kurang lebih selama 15 menit dan tutup dengan lap/serbet bersih.
<3. Siapkan alat giling mie/mesin pasta, giling adonan kripik dari no .1 dan giling hingga kalis, kurang lebih 3 kali. Lanjutkan giling ke no.2, giling 2 kali. Naik lagi giling ke no.3, lanjut terus hingga terakhir giling ke no.5. (Ini untuk gilingan mie saya, beda merek beda pula no urut gilingnya. Ada yang dari no.besar ke no.kecil).
4. Taburi adonan kripik yang sudah tipis dengan tepung terigu, potong sepanjang 30cmx15cm kemudian gulung dan olesi dengan air diujung gulungan. Potong serong dengan pisau yang tajam. Kalau mau dipotong dengan model cheese stick/ panjang, kotak persegi panjang, jajaran genjang atau model lain juga boleh...tergantung selera dan kreatifitas masing-masing.
5. Goreng dalam minyak goreng dengan panas api sedang. Bolak balik kripiknya agar tidak gosong, jika sudah kuning kecoklatan segera angkat, dan tiriskan. Dinginkan...baru disimpan dalam tempat yang kedap udara, atau dikemas dengan plastik/toples bening.

#Note;
Jika tidak mempunyai alat giling pasta/mie, adonan kripik bawang merah bisa digiling diatas selembar plastik lebar dan agak tebal dan dilapisi plastik lagi...kemudian digiling dengan alat giling kayu, tipiskan..sampai ketipisan yang pantas. Potong-potong dengan pisau, bentuk potongan kripik sesuai selera...taburi dengan tepung terigu agar tidak saling menempel.

Selamat berkreasi...dan mencoba sesuatu yang berbeda itu suatu tantangan yang menarik lho.. :)

2 komentar:

  1. makasih resepnya sangat menarik untuk di coba!!!

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga sama resep keripik bawang merah.

    aku mau cerita sedikit ya mbak.
    Pertama cobain keripik ini tahun 2011, disuguhkan saat namu ke rumah temen.Baru pertama nyobain langsung jatuh cintaaaaa :D karena buatan mama nya temen aku tebal tapi renyah <3
    saking sukanya sampe gak sadar sambil ngobrol (sama yg punya rumah) tangan sama mulutnya sibuk makan.
    Ternyata mama nya temen aku ngeliatin (tanpa aku sadar). ehhh pulangnya aku dikasih keripik bawang satu kaleng khong g**n. sambil mamanya bilang "Ini buat endah, abis keliatannya suka banget"
    aduhhhh bahagia campur malu dehh :D

    BalasHapus