Selasa, 06 Maret 2012

Ikan Bandeng Asam Padeh (asam pedas)



Punya stok ikan bandeng laut yang lumayan gede di freezer, satu ekor ikan bandeng ini di potong-potong bisa jadi 5 slices. Mau dimasak apa yaa ?...kali ini pingin bikin menu masakan khas daerah Minang aja. Ikan bandengnya dimasak asam padeh. Karena masih punya simpanan daun singkong rebus beku lumayan banyak...juga kemaren sudah bikin sambel lado muda duluan (sambel cabe ijo plus teri medan). Hmm...bikin perut jadi lapar deh.. :D





ASAM PADEH IKAN BANDENG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 buah ikan bandeng besar dipotong 5 bagian
1 buah jeruk nipis ambil airnya
1 liter air putih
5 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit
1 batang serai memarkan
3 cm lengkuas digeprek
2 buah asam kandis
1 sdt garam (secukupnya)

Bumbu Halus:
10 buah cabe merah besar
7 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe




Cara Memasak:
1. Lumuri ikan dengan air jeruk, diamkan selama 15 menit.
2. Rebus air putih...masukkan bumbu halus bersama daun jeruk, daun kunyit, daun serai, asam kandis dan garam...masak hingga mendidih.
3. Masukkan ikan bandengnya...masak dengan api sedang hingga ikan matang dan kuah menyusut serta bumbu sudah meresap. Angkat...segera sajikan bersama nasi dan lauk pauk pelengkap lainnya.

1 komentar:

  1. Makasih ya atas infonya dapat menambah pengetahuan salam kenal dari Resep Manisan kolang kaling

    BalasHapus