Jumat, 16 Maret 2012

BOLU AIR (Water Sponge Cake)



Agak terkejut saya...maksudnya bukan kaget gitu, tapi ada rasa keheranan yang dalam terhadap resep ini. Baru dengar kalau ada sejenis cake yang disebut Bolu Air. Yang pasti membuat saya tertarik...dan penasaran ingin membuatnya. Karena selama ini yang saya ketahui bahwa bahan-bahan untuk resep cake jarang sekali ditambahkan air, seandainya ditambah air...jumlah air paling juga hanya sedikit, untuk membuat cake atau bolu lebih moist.

Resep asal saya dapat dari group Fb "Dapur Aisyah", yang awalnya diposting oleh mbak Kamelia. Banyak teman-teman pada turut mencoba resep ini, mungkin juga pada penasaran kali yaa...karena dilihat dari bahan-bahannya bolu ini tidak memakai margarin/mentega, tetapi malah menggunakan air sebagai pelembut bolunya. Dan menurut sumber aslinya yang membuat bolu air ini, cakenya mempunyai tekstur yang lembut dan enak rasanya. Menurut cara pembuatan aslinya harus menggunakan kocokan spiral jadul, gak boleh pakai mixer. Naah..saya kan gak punya kocokan model jadul itu, ya itulah...makanya saya coba memakai mixer untuk menaklukkan bolu air ini.

Yuuk mari-mari....siapkan semua bahan, dan Alhamdulillah didapur imut saya semua bahan telah siap sedia. Setelah membaca resep, mulailah saya berfikir dan menganalisa resep, adakah yang harus ditambah atau dikurangi komposisi dan jumlah dari bahan-bahannya. Alangkah baiknya jika saya mengkonversikan resep yang aslinya pakai takaran gelas ke ukuran timbangan gram (saya pakai timbangan digital). Disini untuk alat penakar gelasnya...saya memakai gelas belimbing. Setelah mempersiapkan dalam takaran gelas, kemudian semua bahan saya timbang lagi dengan timbangan digital. Maksud dari hal ini agar suatu saat bila saya akan membuat bolu air mempunyai resep yang paten karena ditimbang dan diukur dengan tepat. Sehingga dapat meminimalkan faktor kegagalan.

Dan Alhamdulillah, setelah sibukkan diri nguplek-nguplek di dapur...maka jadilah si Bolu Air. Melihat hasil akhir dari "Water Sponge Cake"...sebutan baru untuk si "Bolu Air" keren ini dari saya, bener-bener surprise buat saya...bolu ini sangat lembut dan rasanya enak banget deeh , recommanded.  Seperti sponge cake teksturnya...kepes-kepes, maknyuusss..!!!




BOLU AIR (Water Spong Cake)
Source: Kamelia/Dapur Aisyah
Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
Bahan A:
1 gelas gula pasir (saya pakai 200 gr)
1 butir telur
1 gelas air (saya pakai 200 ml)
1 sdm SP (saya pakai 1/2 sdm)

Bahan B:
1 gelas tepung terigu (saya pakai 160 gr)
1 sdm (10 gr) tepung maizena ---> tambahan dari saya
1 sdm (10 gr) susu bubuk ---> tambahan dari saya
1/4 sdt garam halus ---> tambahan dari saya
1 sdt vanili bubuk
*boleh juga ditambah 1/2 sdt baking powder (agar cake mengembang lebih kokoh)
===> Aduk semua bahan menjadi satu hingga tercampur rata

Bahan C:
1 sdt pasta pandan ---> tambahan dari saya
1/4 sdt pewarna hijau ---> tambahan dari saya




Cara Membuat:
1. Kocok bahan A menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih 5-10 menit hingga adonan mengembang putih dan kental. Jika baling-baling mixer diangkat...adonan yang menempel di baling-baling tidak jatuh (soft peak).
2. Tuangkan bahan B secara bertahap, sedikit demi sedikit sambil tetap menggunakan mixer tetapi kurangi kecepatan yang terendah.
3. Bagi adonan menjadi 2 bagian ditempat yang berbeda, satu bagian biarkan tetap berwarna putih...satu bagian beri pasta pandan dan pewarna hijau, aduk hingga rata.
4. Siapkan loyang kotak ukuran 20x20x7 cm, olesi dengan margarin dan alasi dengan kertas roti...dan oles kembali kertas rotinya dengan margarin lalu taburi tepung terigu. Panaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang bolu dengan panas 170'C.
5. Tuangkan adonan bolu air setengah bagian dari yang berwarna putih, tuangkan lagi setengah bagian yang berwarna hijau...bentuk motif marmer dengan memutar acak pakai garpu atau lidi. Tuangkan kembali sisa yang setengah bagian dari adonan putih diatas adonan yang sudah dimotif, dan tuangkan lagi sisa setengah bagian dari adonan hijau diatasnya...beri motif lagi dengan memakai garpu.
6. Masukkan kedalam oven, panggang hingga matang kurang lebih 40 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan diatas rak kawat. Potong-potong sesuai selera, dan siap untuk dinikmati kelezatannya.

#Note:
1. Dalam mengocok bahan A, kocok dengan mixer kecepatan sedang terlebih dahulu gula, telur dan air setengah bagian (100 ml) hingga gula larut. Baru masukkan SP-nya, kocok kembali dengan mixer berkecepatan agak tinggi. Kemudian masukkan sisa setengah air yang 100 ml, kocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang putih dan kental.
2. Untuk memotong bolunya, sebaiknya sabar menunggu hingga bolu bener-bener dingin. Biasanya kalau masih dalam keadaan panas, terus kita buru-buru memotongnya...maka hasil potongan cake/bolu akan kurang mulus/gradakan atau agak bergerindil. Terus untuk memotongnya pakai pisau yang bergerigi dan panjang, dengan pelan-pelan seperti menggergaji...tidak dengan cara menekan pisau.

Selamat Mencoba, semoga berhasil memuaskan... :)

9 komentar:

  1. senengnya baca blog ini...
    rasanya seperti berenang di lautan resep, maturnuwun mbak bolehin baca2 resep sampai praktekin...semoga ilmunya menjadi amal jariyah

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk semu resep resepnya jazakillahu khoiron ...

    BalasHapus
  3. mbak Ita memang benar2 TOP Bangettt.... jempol untuk panjenengan...berbagi resep dgn ceria... sy suka baca cerita serunya, sebelum panjenengan exsekusi resep.....sippp tenan

    BalasHapus
  4. Aq buat kok bantat trs ya mb, udh dkocok lama bah an A nya gak bisa ngembang

    BalasHapus
  5. Kenapa ya mbak Ferra hayati koq bantat...sudah baca note saya yg dibawah cara pembuatannya belum;

    #Note:
    1. Dalam mengocok bahan A, kocok dengan mixer kecepatan sedang terlebih dahulu gula, telur dan air setengah bagian (100 ml) hingga gula larut. Baru masukkan SP-nya, kocok kembali dengan mixer berkecepatan agak tinggi. Kemudian masukkan sisa setengah air yang 100 ml, kocok dengan kecepatan tinggi sampai mengembang putih dan kental.

    BalasHapus
  6. Mbak, alhamdulillah kue nya jadi... mengembang dan lembut... rasanya seperti bolu kukus... waktu dimakan ada rasa kenyalnya juga... anak saya suka...tadinya khawatir bahan A tidak mengembang.... alhamdulillah bahan A nya ngembang juga.... makasih ya mbak resepnya

    -Nana_

    BalasHapus
  7. bisa dikukus tidak?

    BalasHapus
  8. Mba,sudah saya coba resepnya.Mengembang,teksturnya lembut,kemanisan dikit sih.tp klo dikunyah kok agak lengket di langit2 ya.Apa ukuran terigunya kurang jdi cakenya agak gembos :)
    -Yana

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaykum...
    mbak, kalau SP nya di skip tapi jumlah telurnya ditambah masih bisa jadi ga ya kuenya? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus