Selasa, 27 Maret 2012

Sayap Ayam Goreng Tepung ala Korean Fried Chicken



Sebenarnya saya tuh belum pernah nyobain menu ayam goreng ala Korea lho, bener aja...cuma saja koq penasaran sama postingan teman-teman di group FB Indonesian FoodBlogger yang sedang pada ngrumpiin makanan Korea yang lagi naik gaungnya..alias booming di seantero dunia ini. Waah...Korea, sekarang jadi trend setter deh...jadi heran sendiri saya.

Makanya saya coba juga ngintip-ngintip resep dan cara pembuatannya di youtube, bagaimana dan seperti apakah menu Korean Fried Chicken itu. Wal hasil karena untuk bumbu-bumbunya agak asing buat saya, ya sudah...demi menyalurkan penasaran rasa, saya utak atik aja...modifikasi bumbu dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Ceritanya ini mengarang bebas resep Korean Fried Chicken (KFC)...menurut saya sih yang penting sesuai selera lidah si peramu resepnya aja. Yang penting rasa enaklah...katanya yang udah pernah nyoba masak dan makan sih, KFC ini harus berasa pedas, gurih dan agak ada rasa asem dan manis dikit. Bisa ngebayangin gak ya, seperti apa rasanya? hi hi hiii...

Di resepnya ada satu jenis bumbu dasar yang harus atau sering dipakai dalam menu masakan Korea...yaitu red chili pasta atau istilah sananya Gochujang (ini yang bikin ayam gorengnya berwarna merah dan berasa pedaaasss...!!!). Karena gak punya Gochujang, pula belum paham apa saja ingredient-nya...ya sudah mengira-ngira saja. Untuk bumbu-bumbu saya telah ramu dibawah ini.

Dan Alhamdulillah...kata anak wedok  enak banget, pedaaass...tapi enak Mama, ayam gorengnya is the best. Besok bikin lagi ya Ma, Hasna sukaa.. :)





Sayap Ayam Goreng ala Korean fried Chicken
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
750 gr sayap ayam (14 buah sayap ayam)

Bahan Marinade:
1 sdm air jeruk lemon/nipis
2 siung bawang putih dihaluskan
1 1/2 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1/2 sdt cabe bubuk
1 sdt jahe parut
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
1 putih telur
1 sdt baking powder
3 sdm susu cair

Bahan Saus Gochujang/Red Chili Pasta:
1 sdm minyak zaitun
1 sdt minyak wijen
2 siung bawang putih dihaluskan
1 sdm bawang bombai cincang halus
2 sdm saus tomat
3 sdm saus sambel pedas
1 sdt cabe bubuk (kalau suka pedas bisa ditambah)
1 sdm kecap asin
1 sdm madu
1 sdt air jeruk lemon
1/4 sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula merah (secukupnya)

Bahan Taburan:
1 sdm wijen sangrai

Cara Membuat:
1. Masukkan sayap ayam kedalam wadah, campur dengan semua bahan marinade...aduk-aduk hingga semua sayap ayam tercampur dengan rata. Diamkan kira-kira 15 menit.
2. Goreng sayap ayam didalam minyak goreng yang panas hingga matang, garing dan kering. Angkat dan tiriskan.
3. Buat saus gochujang: panaskan minyak zaitun, tumis bawang putih cincang, bawang bombai hingga layu dan harum. Tuangi minyak wijen, saus tomat, saus sambel dan cabe bubuk...aduk rata.
4. Tuangi kecap asin, madu dan air jeruk lemon. Aduk lagi hingga tercampur rata. Beri garam secukupnya jika masih kurang asin, dan tambahkan gula merah atau gula pasir jika suka lebih terasa manisnya. Aduk-aduk hingga saus gochujang matang dan kental.
5. Masukkan sayap ayam goreng kedalam saus gochujang, aduk-aduk hingga seluruh sayap ayam goreng terbalut oleh saus merah tersebut. Angkat...letakkan di piring datar, taburi dengan wijen yang sudah disangrai. Dan segera sajikan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Selamat mencoba...semoga menyukai :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar