Jumat, 09 November 2012

Bolu Gulung Klasik Dan Ekonomis



Kenapa saya bilang bolu gulung ini bolu gulung klasik...karena memang bolu ini varian bolu gulung yang paling sederhana dengan olesan selai strawberry. Dari sejak saya kecil sampai sekarang masih saja bertahan dengan keberadaannya sebagai bolu gulung yang senantiasa disukai.

Dan satu lagi kenapa ekonomis...karena menggunakan telur yang tidak banyak, dengan 3 butir telur sudah jadi bolu gulung yang super lembut gak disangka setelah diicicipi ternyata rasanya seperti bolu yang maknyuss dengan banyak pemakaian telur. Pokoknya ini resep andalan bagi saya kalau mau buat basic roll cake panggang, dan bisa dimodifikasi ke varian2 bolu gulung yang beda rasa maupun beda penampilan. Sesuai selera...dan tinggal mengembangkan kreatifitas kita saja.




BOLU GULUNG KLASIK dan EKONOMIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
3 butir telur
50 gr gula pasir
30 gr tepung terigu
5 gr tepung maizena
5 gr susu bubuk
1/2 sdt SP (emulsifier)
40 gr margarin/mentega cair




Cara Membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar kecuali margarin/mentega cair, kocok dengan mixer hingga adonan putih kental (soft peak). Bolu ini menggunakan sistem kocok bersama, sehingga diharapkan menghasilkan pori2 cake yang lebih halus dan lembut meskipun hanya sedikit memakai telur.
2. Masukkan margarin/mentega cair, aduk adonan perlahan hingga tercampur rata.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 24x24x3cm (hasil agak tipis) atau 22x22x3cm (hasil agak tebal) yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti, dan kertas rotinya olesi juga dengan margarin.
4. Panggang di dalam oven dengan panas 180'C, selama kurang lebih 15 menit.
Jika menggunakan oven listrik: 10 menit pertama gunakan api bawah. Setelah 10 menit pertama cake akan matang, kemudian matikan api bawah...lanjutkan menyalakan api atas selama 5 menit untuk membuat lapisan atas bolu gulung berwarna kecoklatan. Jika sudah matang segera keluarkan dari oven.
5. Dinginkan, balikkan bolu gulung diatas kertas roti sehingga bagian atas yang berwarna kecoklatan berada dibawah. Olesi dengan selai strawberry secara tipis dan rata. Kemudian gulung perlahan dan padatkan, simpan dulu di dalam kulkas kurang lebih 1/2 jam. Potong2 sesuai selera.

21 komentar:

  1. Mba ita, kl pk loyang 26x26x3 bisa ga?

    BalasHapus
  2. terlalu tipis mbak, malah kalo bisa dan punya pakai aja loyang ukuran 22x22x3cm...biar agak tebal, tapi kalo takut ketebalan dan kuatir nanti pecah saat digulung baiknya ya pakai yg ukuran 24x24x3cm...

    BalasHapus
  3. mbak aku hari ini coba resep di atas. pake loyang 24x24x3 tp hasilnya kecil ya mbak gk kayak gambar dech
    n pas proses mengulung kulitnya pada lengket ke kertas jadi belang2 dech kue nya...kenapa ya mbak?....makasih sebelumnya atas pencerahannya ya.......

    BalasHapus
  4. Setelah beberapa kali bikin bolu gulung ga pernah sukses,,akhirnyaa berkat resep ini sukses berat mba bolgul ku....trima kasih mbaaa buat resepnya...

    BalasHapus
  5. Mbak, sy setiap kali bikin bolgul, saat digulung kulitnya selalu terkelupas.. pernah sekali waktu agak lama ngovennya biar kulit lbh kering, eh malah pecah saat digulung :-(

    adakah tips untuk kulit yg mengelupas itu mbak?

    ika

    BalasHapus
  6. Mbak kalau tidak pake emulsifier tidak berpengaruhkan? soalnya kalau bikin kue saya tidak pernah pake emulsifier.

    BalasHapus
  7. #Untuk mb Anonim tgl 2 Mei, Bisa mbak...gak pakai emulsifier, tapi harus bener2 hati2 dalam mengaduk adonan, kalau gak pake emulsifier lebih baik mengocoknya dengan sistem sponge cake aja...kalau pake metode all in one kuatir bantat.

    #Untuk mb Anonim 30 April, terlalu panas mbak suhunya mungkin, ngovennya hanya sebentar aja dengan suhu 180'C, kira2 15 menit...gunakan api bawah sekitar 10 menit lalu matikan, lanjutkan api atas 5 menit untuk mengeringkan bagian atas.

    # My World, sama2 mbak...selamat yaa seneng juga mendengar bila sudah sukses buat bolgul, alhamdulillah...

    # Mb Muji, kalau pake loyang 24 memang agak tipis jadinya...coba pake yg 22 cm. Kulit lengket di kertas karena belum kering mengovennya, jadi pas dibalik diatas kertas roti nempel deh...harus kering mbak permukaan cakenya, dan gulungnya kalau sudah dingin.

    BalasHapus
  8. mbak, margarin cairnya kalau diganti minyak goreng bisa?

    BalasHapus
  9. Boleh saja mb Aidha diganti minyak goreng, tapi saya gak tahu gimana rasanya...karena minyak kan tawar, jadi mesti ditambah sedikit garam.

    BalasHapus
  10. Mba Ita, thanks resepnya ya. Aku udah beberapa lama ini emang lagi kumpulin resep bolgul ekonomis. Rencananya mau praktek perdana bolgul, tapi maju mundur terus alias gak pede takut kalo gagal. Akhirnya pas baca resep mb Ita, langsung eksekusi karena kebetulan semua bahannya ada. Waahh...seneng deh mb, berhasil digulungnya dan gak patah, tapi sepertinya permukaan bolu kurang kering karena kulit nya pada nempel semua hahaha...but rasanya enak, lembut and moist, langsung habis diserbu ama krucils :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mb Nay's...semoga lain waktu gak nempel lagi ya bolgulnya, selamat berkarya mudah2an sukses nggulungnya...dengan cantik :)

      Hapus
  11. Resepnya udah di coba.... memang best. Makasih atas resepnya. Sis ada resep lapis surabaya gak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah coba resep saya yg sederhana ini...

      Resep lapis surabaya ada...tapi juga yang ekonomis...

      Ini saya copas linknya: http://ita-thediffusionofexperience.blogspot.com/2009/02/lapis-surabaya-irit-telur.html

      Hapus
    2. Terima kasih sudah coba resep saya yg sederhana ini... Resep lapis surabaya ada...tapi juga yang ekonomis... Ini saya copas linknya: http://ita-thediffusionofexperience.blogspot.com/2009/02/lapis-surabaya-irit-telur.html

      Hapus
  12. Assalamualaikum... mba. Saya tertarik sm resep bolu gulung ini, pengen nyobain praktek weekend ini nnti insya allah. Yg ingin saya tanyakan pd step satu itu kocok smua bahan (kecuali margarin cair) sampai soft peak/jambul petruk ya mba?... bukan kental berjejak kan mba?..
    Mohon maaf ya mba saya benar2 pemula n blm prnh bikin bolu gulung. Trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak...kental berjejak itu istilahnya boleh dengan jambul petruk. jadi ketika baling2 mixer kita angkat adonan sudah tidak jatuh dan membentuk ujung runcing.

      Hapus
  13. Salam kenal mbak ....sy mau tanya untuk menggulung bolu nya baiknya pada saat masih panas ato ketika sdh dingin ya? Sy pemula bgt dan tiap menggulung selalu retak ..makasih

    BalasHapus
  14. Mba mau tanya.. Berapa lama waktu pengocokan sampai adonan kental berjejak ? Adonan selalu gak kental kalau metode kocok semua kayak gini. Salahnya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktunya tdk bisa ditentukan, gunakan mixer yg mampu mengocok dengan kecepatan tinggi, memang agak lama ngocoknya jadi mesti sabar. Pastikan sp emusifiernya dlm keadaan bagus shg hasil kocokan jg mengembang sampai kental berjejak.

      Hapus