Rabu, 21 Maret 2012

Ayam Panggang Bekakak Potong



Sebenarnya saya pingin bikin ayam panggang bekakak utuhan, gak dipotong-potong. Tapi karena pas dilihat difreezer adanya stok paha atas dan paha bawah ayam...jadinya ya gitu deh, tetep ngeyel aja bikin bekakak ayam potongan. Yang penting rasanya mantaff...

Masak ayam panggang bekakak utuh itu harus bener-bener bumbunya meresap sampai kedalam daging ayamnya lho...kan ayamnya utuh, dibelah dan dilebarkan. Makanya dengan ayamnya dipotong-potong akan membuat bumbu lebih terasa sampai dalam daging, juga memudahkan dalam proses pemanggangan. Sedang kalau ayamnya utuh saat dipanggang/dibakar musti pakai acara ditusuk-tusuk atau digapit/dijepit dengan stik bambu. Agak merepotkan menurut saya...so cari alternatif kemudahan aja, yang penting rasa memuaskan...iya kan bu ibu ?, he hee...





AYAM PANGGANG BEKAKAK POTONG
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
1 ekor ayam utuh dibelah dadanya atau ayamnya dipotong jadi 4 bagian
3 lembar daun salam
5 cm lengkuas iris tipis
3 cm jahe digeprek
1 sdt garam (secukupnya)
1 sdm gula merah disisir halus/gula pasir
1 sdm air asam dari 3 mata asam direndam 2 sdm air panas

Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
7 siung bawang merah
7 buah cabe merah besar
5 butir kemiri
3 cm kencur
1 sdt terasi bakar

Cara Membuat:
1. Lumuri ayam utuh yang sudah dibelah atau ayam yang sudah dipotong-potong dengan bumbu halus, tambahkan garam, gula dan air asam. Aduk-aduk ayam dan remas-remas hingga bumbu tercampur merata. Diamkan ayam tersebut kurang lebih 1/2 jam...agar bumbu meresap, sebelumnya cicipi apa sudah pas rasa asin manisnya bumbu.
2. Kemudian ungkep ayam yang sudah berbumbu tersebut, tambahkan 1/2 gelas air agar bumbu tidak mengering selama diungkep. Masak dan aduk-aduk hingga ayam empuk, bumbu mengering dan matang. Angkat..dinginkan sebentar.
3. Panggang diatas alat pemanggang, atau dibakar diatas bara arang. Selama memanggang beri olesan sisa bumbu ungkep ayam dan jangan lupa ayamnya di balik-balik agar tidak gosong. Hidangkan bersama lalapan segar dan sambel sisa dari bumbu ungkepan ayam. Dijamin uwenak tenan...nasinya nambah lagi, nambah lagiii... :)

1 komentar:

  1. Alhamdulillaah, dpt resep ayam bakakak. Mba, untuk bumbu halus yang pertama dan kedua itu bawang merah semua, ya ?

    BalasHapus