Minggu, 18 Maret 2012

Macaroni Schotel Tuna Mayo



Mau cerita apa nih yaa...
Oke deeh, yang pasti tentang macaroni shotel lah...lha topik/judulnya aja Macaroni Schotel Tuna Mayo. Untuk bikin machotel saya lebih suka dengan isian ikan tuna, kalo ada ikan tuna yang fresh lebih baik, tapi kalau mau praktis atau gak nemu ikan tuna segar bisa menggunakan tuna kaleng. Tapi terkadang juga divariasi...boleh isi dari daging giling atau ayam giling, juga bisa dengan isian smoked beef atau kornet.

Saya akan memberikan sedikit info/tips mudah-mudahan bermanfaat buat yang mengunjungi blog saya ini. Yaitu saat mempersiapkan loyang kaca (semacam pyrex) atau loyang dari aluminium foil untuk machotel, setelah diolesi dengan margarin...taburi loyang kaca tersebut dengan tepung roti halus secara merata dan tipis-tipis saja. InsaAllah...dijamin nanti saat memotong machotel hasil potongannya halus mulus dan tidak lengket atau menempel di loyang. Seperti nampak foto diatas...didasar loyang bekas machotel dipotong tidak ada sisa machotel kan? Bersih...dan terlihat rapi.

Oh iya, dan cara ini berlaku pula untuk membuat lasagna, baked macaroni atau  memanggang apapun yang setipe dengan macaroni schotel.  Dibawah ini penampakan loyang pyrex saya yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung roti halus. Jadi yang ditaburi tepung roti halus hanya bagian dasar loyangnya saja...




Macaroni Schotel Tuna Mayo
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Utama:
250 gr macaroni bentuk apa saja boleh

Bahan Larutan Susu:
500 ml susu cair
4 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
2 sdm cream cheese kocok biar mencair
===> Campur menjadi satu susu cair, 4 butir telur, dan cream cheese aduk hingga rata.

Bahan Isi/Tumisan Tuna Mayo:
1 kaleng ikan tuna (150 gr)
3 siung bawang putih cincang halus
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang cincang halus
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt gula pasir (sesuai selera)
4  sdm mayoness
1 buah wortel sedang potong dadu kecil
1 batang daun seledri cincang halus
1 batang daun bawang cincang halus
2 sdm minyak zaitun/minyak goreng biasa juga boleh

Bahan Topping/Saus Putih/Saus Bechamel:
30 gr (2 sdm) margarin
50 gr tepung terigu
400 ml susu cair tawar
100 ml air
100 gr keju cheddar parut/cream cheese
1/2 sdt lada bubuk
1/2 sdt kaldu bubuk rasa ayam





Cara Membuat:
1. Siapkan loyang/pinggan tahan panas pyrex atau sejenisnya, olesi seluruh permukaannya dengan margarin dan taburi bagian dasarnya dengan tepung roti halus. Sisihkan.
2. Rebus Macaroni hingga matang, tiriskan.
3. Memasak Bahan Isi: tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak zaitun hingga harum dan berubah warna, masukkan ikan tuna kaleng, wortel, daun bawang, daun seledri, aduk-aduk hingga rata. Masukkan garam, gula, lada halus, pala, dan mayoness...aduk-aduk hingga tercampur rata. Jika sudah matang segera angkat.
4. Memasak Bahan Topping SausPutih/ Saus Bechamel: panaskan margarin, masukkan tepung terigu, aduk rata hingga tepung matang dan kering. Tuangkan air putih sedikit demi sedikit dan aduk rata agar tidak bergerindil. Masukkan susu cair, keju parut, kaldu bubuk, lada bubuk...aduk hingga tercampur rata. Masak terus hingga mendidih dan mengental. Angkat dan siap untuk dituangkan ke atas macaroni schotel.

#Jika ingin lebih praktis atau lagi males bikin saus putih keju/bechamel bisa pakai bahan instan seperti gambar dibawah ini. Mudah banget, rasa juga enak dan memang sangat praktis. Tinggal tuang dicampur susu cair, direbus dan diaduk-aduk jadi deh.




5. Mempersiapkan adonan macaroni schotel: masukkan macaroni rebus kedalam pinggan setengah bagian, beri isian tumisan ikan tunas setengah bagian, lalu siram dengan larutan susu setengah bagian. Masukkan kembali sisa dari macaroni rebus diatasnya, beri isi tumisan ikan tuna yang setengah bagian lagi, lalu siram dengan sisa larutan susu. Biarkan sebentar agar larutan susu terserap oleh macaroni, sambil pinggan agak digoyang atau dihentak perlahan agar adonan merata.
6. Panggang dengan panas 180'C secara au bain marie (stam bake/di tim didalam oven) dengan memberi alas loyang yang lebih besar dan diisi dengan sedikit air (kurang lebih air sepertiga dari tinggi pinggan macaroni schotel). Waktu memanggang sekitar 40 menit.
7. Kemudian keluarkan macaroni schotel dari oven...tuangkan topping saus putih/saus bechamel diatas macaroni schotel, lalu taburi dengan keju cheddar parut, beri potongan butter/mentega secara acak diatas parutan keju. Kemudian panggang kembali tanpa di tim (keluarkan loyang tempat air) hingga macaroni schotel matang, dan bagian atasnya terlihat kuning kecoklatan.
8. Untuk mematangkan bagian atas macaroni schotel, 5 menit sebelum dikeluarkan dari oven...nyalakan api atas, sehingga bagian atas macaroni terlihat cantik berwarna kuning keemasan.

#Note:
Resep macaroni schotel saya ini bisa juga dengan cara semua bahan dicampur jadi satu dan langsung di oven. Jadi tidak terlalu repot dengan melapis adonan. Setelah tumisan tuna mayo matang, langsung dicampurkan kedalam larutan susu dan masukkan macaroninya, kemudian di oven. Boleh juga kalau mau dikukus, terus dipotong-potong sesuai selera...dilapisi tepung panir lalu digoreng.

Selamat Ber-Baking Macaroni... :)

1 komentar:

  1. Assalamualaikum mbak ita. Makutel ini brarti cukup set utk bisa diiris ya ? Bisa buat isian snack box.

    BalasHapus