Minggu, 29 Januari 2012

Otak-Otak Ikan Tenggiri


Masih ada stok fillet ikan tenggiri di freezer, daripada kelamaan beku kuatir lupa malah gak dimasak-masak...bisa expired nantinya. Bikin apa yaa...

Minggu lalu udah buat pempek adaan, siomay...lagi gak pingin. Apalagi yaa...batagor kaliii, liat di kulkas stok tahu goreng lagi kosong. Pas buka freezer lagi...waah, masih ada banyak bungkusan daun pisang..jadi ingat otak-otak bungkus daun deh, okelah kalo begono...mari kita membuat otak-otak ikan tenggiri yang klasik seperti kalau kita beli di sepanjang pinggiran pantai  Carita Anyer.

Otak-Otak Ikan Tengiri
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
250 gr fillet ikan tenggiri
100 ml santan kental

30 gr (2 sdm) tepung tapioka/sagu tani
1 batang daun bawang dipotong halus

1 butir telur ukuran sedang
5 butir bawang merah, haluskan
3 siung bawang putih, haluskan
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt merica halus
Daun pisang dan lidi

Bahan Sambel Kacang:
1 buah cabe merah besar
5 buah cabe rawit merah
100 gr kacang tanah goreng
1 sdt garam
4 sdm gula pasir
250 ml air panas
1 sdm air asam/1 sdm cuka
===>Haluskan semua bahan sambel dengan grinder, kecuali air asam dan air panas. Lalu tuangi air panas dan air asam/cuka, aduk merata. Siap untuk bahan saus cocol otak-otak.




Cara Membuat:
1. Giling fillet ikan tenggiri ke dalam Food Processor  hingga halus. Jika gak ada FP  boleh dengan cara diblender (kalau diblender musti ditambahkan air, pakai  air santan dari resep).
2. Masukkan santan, telur, bawang merah, bawang putih, garam, gula dan merica halus...terus giling hingga halus dan licin dengan Food Proceesor.
3. Tuangkan tepung tapioka sedikit-sedikit, dan aduk dengan sendok hingga tercampur rata. Taburi daun bawang cincang halus. Rasakan sudah cukup belum manis asinnya adonan otak-otak ikan.
4. Bungkus satu sendok makan dengan daun pisang seperti membungkus pepes, semat dengan lidi. Bakar diatas pan dadar teflon atau diatas panggangan listrik atau di oven juga bisa. Bolak balik hingga daun agak kering..berarti otak-otak sudah matang. Sajikan otak-otak panas ini bersama sambel cocol kacang yang pedas mantab...hyumm, nyiamik pasti rasanya.

Serasa ada di pantai Anyer.. :)

2 komentar:

  1. mbak, naro daun pisang di freezer ya?..

    BalasHapus
  2. Iya mbak, saya suka nyimpan daun pisang segar di dalam freezer...biar awet dan sewaktu2 perlu tinggal keluarin aja :)

    BalasHapus