Minggu, 22 Januari 2012

Takoyaki Beef Bolognaise



Bismillah...

Takoyaki...sebenarnya makanan kecil ini asalnya dari negeri matahari terbit (Japan), dan kalau menurut resep khasnya...banyak menggunakan bahan-bahan yang agak susah dicari dan kurang saya pahami. Yang saya tahu isian dari takoyaki biasanya beberapa macam/aneka sea food yang dikasih saus-saus dan bumbu dari negara asalnya.

Kalau takoyaki yang saya buat ini, saya hanya mengadopsi untuk adonan kulitnya ...dan untuk isian suka-suka saja mau diisi daging ayam atau ikan atau daging sapi, yang penting serasa makan takoyaki dan tentu saja sesuai selera lidah kita.

Waktu kemaren bikin Lasagna, masih saya simpan sedikit saus daging bolognaise...daripada memenuhi kulkas lebih baik didayagunakan dan akhirnya diolah jadi takoyaki ala ibu Ita. Rasanya seperti makan pizza cepluss...langsung hupp satu buah takoyaki masuk mulut, nyam nyumm... gak terasa bisa habis 6 biji. He he hee...




TAKOYAKI (Isi Beef Bolognaise)
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan Takoyaki:

Bahan A:
2 butir telur
1/4 sdt garam
1 sdt kecap asin
1 sdt saos tiram
1 sdt kaldu bubuk/blok
500 ml air

Bahan B:
200 gr tepung terigu
2 sdm penuh tepung maizena
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue

Bahan Isi:
1/2 buah bawang bombay cincang halus
1 siung bawang putih cincang halus
100 gr daging sapi giling
3 sdm saus tomat
1/2 sdt garam
1/4 sdt lada halus
1/2 sdt oregano kering bubuk
1 sdm minyak goreng untuk menumis
===> Saya menggunakan isian sisa dari saus daging merah waktu membuat Lasagna.

Bahan Pelengkap/Topping:
saos mayones
saos tomat
saos sambel


Cara Membuat Isi:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging sapi giling. Aduk sampai berubah warna.
2. Masukkan saus tomat...garam, lada halus dan oregano. Aduk-aduk hingga rata sampai bumbu meresap dan daging matang. Sisihkan.

C:ara Membuat Kulit:
  1. Kocok Bahan A hingga tercampur rata.
Untuk air sebaiknya tidak dituang semua, sisakan sedikit (50 ml). Dipakai nanti kalau adonan masih terlalu kental setelah dicampur dengan Bahan B.
2. Tuang sedikit demi sedikit Bahan A ke dalam Bahan B sambil diaduk/dicampur hingga rata dan halus dengan wisker.
3. Istirahatkan sekitar 15 menit sambil menunggu cetakan panas.
4. Tuang di cetakan yang sudah dioles margarin. Biarkan hingga sisinya berkulit. Sendokkan isi, pakai sodet kecil yang tipis/pakai sumpit ketepikan pinggirkan adonan, tuang adonan. Dan biarkan setengah matang.., bentuk bulat dengan cara diputar-putar. Lalu biarkan matang. Lakukan sampai selesai semua.
5. Sajikan dengan topping saos sesuai selera.


#Step By Step Cara Mencetak Takoyaki:

A. Tuangkan adonan  hingga rata dengan cetakan.


B. Beri 1 sendok teh isian saus beef bolognaise, dan biarkan sampai pinggiran kue mulai mengering.


C. Lakukan seperti gambar dibawah ini, yaitu pinggirkan adonan seperti akan tumpah dengan menggunakan bantuan dua buah stik kayu es krim/sumpit.


D. Kemudian pada sisi ruang yang cekung itu tuangkan sedikit adonan, dan segera telungkupkan adonan yang sudah dipinggirkan tadi sehingga menutup seluruh permukaan kue.


E. Setelah terbentuk takoyaki bulat seperti gambar dibawah ini, tunggu beberapa saat agak berwarna kuning kecoklatan, jika sudah matang segera angkat.



5. Sajikan Takoyaki dengan bahan pelengkap, enak disantap saat masih hangat-hangat,  Lezatozz.. :)

1 komentar: