Selasa, 06 Maret 2012

Donat Lembut



Donat lagiii...waduh-waduh, sebenarnya sudah gak keitung lagi berapa kali bikin donat selama ini. Karena anak-anak di rumah sangat tidak bosan-bosannya sama kue bolong tengahe ini. Setiap ada acara ngaji TPA seminggu sekali pasti ada menu snak donat, dan bisa dipastikan laris manis. Naah...kebetulan karena pas lagi kena giliran jadi tempat ngaji...ya gitu deeh, bikin donat wae... :)

Anak-anak sukanya donat yang hanya dikasih bedak gula halus, atau diberi topping olesan butter cream dan taburan coklat messes, jadi mudah saja...gak banyak pake pernik-pernik yang aneh-aneh. Donat yang saya buat ini donat ala kampung saja, gak pakai kentang seperti biasanya. Tapi untuk rasa dan tekstur donat dijamin empuuuk dan lembut...donat kentang aja masih kalah, pokoknya kalau istilah saya bilang "menyuss menyuss"...jika mau coba resepnya, boleh saja...


DONAT LEMBUT
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
Bahan A:
400 gr tepung terigu all purpose (serbaguna)
100 gr tepung kentang
1 sdm ragi instan
3 sdm gula pasir
1 sdt vanili bubuk
2 sdm susu bubuk
100 gr mentega/margarin


Bahan B:
2 sdm susu kental manis (untuk menambah aroma manis dan kelembutan donat)
1 buah telur kocok lepas
200 ml air putih
1/2 sdt garam
===> Semua bahan diatas dicampur menjadi satu, aduk hingga tercampur rata.




Cara Membuat:
1. Campur semua bahan A dalam suatu wadah, aduk dan uleni hingga semua tercampur rata.
2. Tuangkan bahan B sedikit demi sedikit kedalam campuran bahan A. Uleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
3. Bisa juga menggunakan mikser, food processor atau bread maker, akan jadi lebih mudah dan praktis.
4. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 1 jam. Lalu dikempiskan dengan meninju adonan donat yang sudah mengembang...agar keluar udara yang bersarang didalam adonan donat.
5. Bagi adonan dengan berat masing-masing 30 gr, bulatkan...lalu letakkan diatas loyang sudah diolesi minyak goreng. Tutup dengan plastik sehingga tidak kena udara luar. Diamkan kembali sekitar 15 menit.
6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, kemudian lubangi bulatan adonan donat dengan ujung jari telunjuk...putar-putar dengan kedua jari telunjuk kiri dan kanan, goreng hingga kuning keemasan. Segera angkat dan tiriskan. Goreng semua adonan donat hingga matang semua. Dinginkan...baru diberi topping atau hanya ditabur gula halus saja.

Oh iya foto-foto donat kampung diatas ala kadarnya gak berdandan sama sekali...begitu matang langsung dijepret-jepret, gak sempet motret lagi yang diberi topping dan taburan gula. Maklum...donatnya sudah keburu disantap sama kita, dan lagi pekerjaan rumah lain sudah antri menanti, he he hee...

#Note:
- Dibawah ini saya tunjukkan tepung kentang yang digunakan, kebetulan saya dapat tepung ini saat belanja di supermarket asia "Ambassador" di Kuwait City.



- Jika tidak punya atau belum menemukan tepung kentang (potato starch), bisa diabaikan. Dapat kita ganti dengan menggunakan tepung terigu berprotein tinggi sejumlah 100 gr. InsaAllah, donat kampung kita masih terasa empuk.. ;)

2 komentar:

  1. Mbak ita, saya mau tanya, di bagian bahan a, yeastnya 1 sm. 1 sm nya, pake sendok makan biasa, apa pake sendok ukuran. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Pakai sendok ukur mbak...1 sdm. Kalau gak ada sendok takaran boleh pakai sendok makan biasa ngukurnya (peres yaa...jangan munjung/full/penuh).

    BalasHapus