Selasa, 06 Maret 2012

Fillet Ayam Goreng Tepung Keriting



Ini salah satu menu ayam goreng yang jadi kegemaran anak-anak dirumah. Makannya pas lagi masih hangat...dicocol pake sambel botol atau saus tomat, hmm...nyam nyam deh..

Untuk tepung bumbunya saya sudah sering dan berkali-kali uji coba buat sendiri, dan akhirnya bisa menemukan yang cocok dan pass sesuai selera. Gampang koq, tinggal campur-campur aja...membuat adonan tepung bumbu ala ayam goreng kentucky itu. Jadi kalau bisa buat sendiri...bisa lebih enak rasanya, dan yang pasti sesuai selera lidah kita...satu lagi lebih irit pastinya, he hee...

Tapi kalau ibu-ibu yang pingin praktis dan malas...bisa saja pakai tepung bumbu ala kentucky siap pakai yang banyak dijual dipasaran. Its okk aja... silakan pilih :)





Fillet Ayam Goreng Tepung Keriting
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
500 gr fillet dada ayam potong sesuai selera
1 sdt air jeruk lemon/jeruk nipis
1 sdt garam halus (secukupnya)
1/2 sdt lada halus
1 sdt bawang putih bubuk
===> Campur semua bahan diatas...aduk rata, cicipi sudah pas asinnya atau belum. Diamkan sekitar 15 menit
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bahan Tepung Bumbu:
100 gr tepung terigu
50 gr tepung beras
50 gr tepung maizena
2 sdt bawang putih bubuk
1 1/2 sdt garam halus (secukupnya)
1 sdt baking powder
1 sdt lada bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt jintan bubuk
1 kotak kaldu blok ayam dihaluskan
===> Semua dicampur menjadi satu dan aduk hingga rata

Bahan Celupan:
2 sdm tepung bumbu yang sudah dibuat diatas
100 ml air putih
1 putih telur
===> Tuangkan air putih kedalam tepung bumbu...aduk hingga rata, masukkan putih telur...aduk kembali hingga tercampur semua dengan rata.

Cara membuat:
1. Gulirkan atau masukkan fillet dada ayam kedalam adonan tepung bumbu satu persatu hingga semua tersalut tepung bumbu.
2. Lalu celupkan fillet dada ayam kedalam adonan celupan...lakukan satu persatu, lalu gulirkan kembali kedalam tepung bumbu sambil fillet dada ayamnya ditekan-tekan/dikepal dan dicubit-cubit dengan jari-jari agar tepung lekat menempel dan tidak rontok. Lakukan semuanya hingga selesai.
3. Goreng fillet dada ayam yang sudah berlumur tepung bumbu dalam minyak goreng panas dengan api sedang. Bolak balik...hingga ayam fillet matang kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan...siap dihidangkan hangat-hangat.


# Note:
Untuk lebih praktis dan sebagai persediaan...kita bisa membuat tepung bumbu ayam ala kentucky ini dalam jumlah lebih banyak, dan bisa disimpan dalam toples kedap udara. Bila sewaktu-waktu ingin menggoreng ayam bisa langsung digunakan, tak perlu repot-repot lagi menimbang dan membuat tepung bumbu lagi.

3 komentar:

  1. Haloo mbak ita, saya mau tanya.. saya udah coba resepnya tp koq gagal ya..:'( tepungnya gk keriting trus warnanya gelap gk bagus seperti punya mbak ita!!

    BalasHapus
  2. Waduh kenapa ya mb Riani...sudah ikutin tahap2nya dengan tepat kan...
    Agar kulitnya keriting, saat memeasukkan ayam ke dalam tepung sambil ditekan/dicubit2 gitu...terus goreng pada minyak goreng panas dan minyaknya harus agak banyak. mungkin apinya kebesaran ya..koq warnanya gelap :)

    BalasHapus
  3. heheheheeee..... maklum mbak namanya sy amatiran..
    tepung terigunya ada merk tertntu gk mbak?? atau mungkin pas pencampuran tepung2nya kali ya ... lada hitam berpengaruh ke warna juga mbak yaa,... hehehee banyak tanya ya saya :)

    BalasHapus